Cara Kerja Roller Conveyor dalam Kegiatan Industri

Cara Kerja Roller Conveyor dalam Kegiatan Industri

Dewasa ini, 7 dari 10 industri di Indonesia baik dari berbagai sektor telah menggunakan conveyor. Dibanding tenaga manual, penggunaan rangkaian conveyor dinilai lebih efektif dan bisa menurunkan risiko kecelakaan produksi hingga hampir nol persen. Salah satu jenis rangkaian yang banyak diunggulkan adalah roller conveyor.  Apa itu? Dan bagaimana cara kerja roller conveyor?

Sebelum Anda membeli roller conveyor pertama Anda, ada baiknya sedikit berkenalan dengan apa itu conveyor dan cara kerja roller conveyor. Dengan demikian, Anda bisa lebih bijak dalam memilih pihak kontraktor dan mendeteksi adanya kecurangan baik saat pemasangan maupun reparasi.

Sebuah rangkaian roller conveyor terdiri dari beberapa komponen yang rumit dan unik dengan fungsinya sendiri-sendiri. Jika salah satu bagian roller conveyor rusak, dengan mengetahui cara kerja roller conveyor Anda akan tahu sparepart mana yang harus dibeli dan diganti baru.

 

JUAL ROLLER CONVEYOR

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

JUAL AKSESORIS CONVEYOR

Selain men Jual Roller Conveyor, sebagai All In One Solution untuk segala kebutuhan conveyor Anda, RSM menyediakan berbagai macam aksesoris / spareparts conveyor, seperti berikut :

  1. Jual Rubber Conveyor Belt Bando
  2. Jual PU Conveyor Belt
  3. Jual PVC Conveyor Belt
  4. Jual Rubber Lagging
  5. Jual Skirt Rubber
  6. Jual Lem Conveyor
  7. Jual Splicing Tool (Alat Penyambung Conveyor)
  8. Jual Power Transmission
  9. Jual Roller Conveyor
  10. Jual Drum Pulley
  11. Jual Belt Cleaner / Belt Scraper
  12. Jual Quarry Conveyor Belt
  13. Jual Rubber Fender

 

Apa itu Roller Conveyor?

Setiap conveyor memiliki fungsi utama mengantarkan muatan dari satu titik ke titik lain. Kadang, panjang atau tinggi konveyor bisa sampai berkilo-kilo meter; membuatnya didapuk sebagai investasi transportasi yang jauh lebih efektif ketimbang truk atau kuli panggul.

Salah satu jenis conveyor adalah roller conveyor. Jenis satu ini paling umum digunakan karena lintasan geraknya tersusun dari beberapa tabung (roll) yang tegak lurus terhadap arah lintasan. Plat datar sengaja ditempatkan di bodi rangkaian untuk menahan beban, lalu bergerak simultan sesuai dengan arah putaran roll.

Roller Conveyor ini bisa digerakkan dengan bermacam model penampang, baik rantai (chain), sabuk (belt), bahkan ataupun dengan menggunakan gaya gravitasi. Tidak ada yang lebih bagus dari yang lain karena ketiganya punya fungsi sendiri-sendiri. Jika barang Anda butuh diantarkan di kemiringan datar, maka model sabuk bisa jadi pilihan. Gravity lebih pas untuk model konveyor dengan kemiringan tertentu sementara chain memang didesain untuk muatan berat secara vertikal.

Cara kerja roller conveyor bisa diatur baik untuk muatan ringan, kecil dan, sampai batas tertentu, menengah-berat. Kapasitas beban dariroller conveyor ini bisa sampai dengan 350 N per rol Conveyor dengan bahan lightweight, dan ada juga dengan menggunakan bahan stainless steel.

 

Komponen Roller Conveyor

Setiap komponen di rancangan roller conveyor harus bisa dipastikan stabil agar proses transfer unit maupun bulk berjalan sesuai track. Rancangan Conveyor rol terdiri dari serangkaian tabung yang dipasang pada interval tertentu. Tabung berputar pada tingkat yang sama dan dalam arah yang sama untuk mendorong laju muatan di sepanjang bagian atas hingga sampai ke titik tujuan.

Untuk rincinya, demikian adalah komponen-komponen penyusun yang menyokong cara kerja roller conveyor:

 

#1 Motor Penggerak

Komponen ini biasanya ditempatkan di ujung paling akhir alur roller conveyor agar bisa menjaga rantai transmisi tetap tegang. Karena jika rantai tidak cukup tegang, roller akan menolak berputar. Fungsinya tentu saja untuk menggerakkan drive roller supaya selalu berputar sesuai dengan kecepatan yang diinginkann. Motor penggerak berkaitan secara langsung dengan penyalur tenaga baik itu listrik maupun generator lain.

 

#2 Kerangka Badan

Juga kerap disebut frame, fungsi dari kerangka badan adalah untuk menopang roller agar lokasi roller tidak berpindah-pindah selama dinyalakan. Frame punya peranan penting menjaga supaya silinder-silinder roller tetap berada di tempatnya. Maka, pemasangannya harus pas dan tidak menyisakan ruang. Sebuah roller conveyor yang frame-nya longgar biasanya mengeluarkan bunyi berisik dan bergetar-getar hebat saat dinyalakan; pertanda Anda harus cepat-cepat memasangnya ulang.

 

#3 Roller

Roller berbentuk tabung-tabung silindris yang menopang muatan. Fungsinya sebagai pemindah barang yang akan ditransportasikan. Roller dipasang di bagian frame dengan baut-baut agar memastikannya tetap pas, lalu disangga dengan bilah-bilah idler. Sehingga ketika roller berputar harus diupayakan tidak bergetar agar tidak merusak barang yang ditransportasikan.

Dimensi roller juga harus sama agar roller dapat menumpu barang dengan pas dan barang yang ditransportasikan tidak tersendat. Komponen roller ini terdiri dari pipa, rumah bearing, seal, C-ring, bantalan, poros, dan snapring.

 

#4 Tiang Penyangga

Tiang penyangga berfungsi untuk menyokong idler, roller, segenap bantalan, dan hal-hal lain di rangkaian tersebut. Sehingga, posisinya bersentuhan langsung dengan tanah. Kendati tampaknya remeh, tiang penyangga harus dipastikan terbuat dari bahan yang solid dan kokoh (biasanya baja corten) supaya tidak cepat ambles atau retak saat membawa muatan berat. Juga, memastikan getaran sistem conveyor tidak merusak alur transfer muatan.

 

#5 Sistem Transmisi

Agar sistem conveyor tetap bergerak konstan, perlu diberikan pembagi daya ke seluruh rangkaian sistem. Komponen ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu transmisi antara motor penggerak dengan drive roller dan transmisi antara drive roller dengan roller lain.

Sistem transmisi antara motor penggerak dengan drive roller biasanya ditempatkan di ujung paling akhir dari jalur conveyor dan biasanya terdiri dari motor, speed reducer, coupling, sprocket, dan rantai. Sedangkan Sistem transmisi antara drive roller dengan roller biasanya ditempatkan pada kerangka badan sistem conveyor, biasanya digunakan sproket dan rantai dengan perbandingan kecepatan putar 1:1 agar kecepatan putar antar roller sama dan barang yang ditranportasikan dapat berjalan tanpa halangan.

 

Cara Kerja Roller Conveyor

Setelah Anda tahu komponen-komponen roller conveyor, maka akan lebih mudah untuk memahami alur cara kerja roller conveyor berikut:

Pertama-tama, motor penggerak sebagai pemutar poros pada motor pada sistem transmisi menuju drive roller. Aliran daya yang ditimbulkannya kemudian akan mempengaruhi sistem gerak keseluruhan sistem dengan bantuan putaran poros. Kemudian, putaran poros pada motor ditransmisikan ke drive roller melalui sistem transmisi

Melalui transmisi rantai, drive roller kemudian mentransmisikan putaran roller ke roller lain. Antar roller ini biasanya diberi jalur transmisi yang sama dengan perbandingan transmisi 1:1 agar putaran antar roller mempunyai kecepatan yang sama dan dapat bergerak secara simultan dan terukur.  Drive roller yang terpasang sistem transmisi tersebut ikut berputar karena daya yang disalurkan oleh sistem transmisi. Transmisi antar roller tersebut diteruskan sampai ke roller paling terakhir.

Akibatnya, terjadilah gerak simultan antar roller yang sedia mengantar muatan dari satu titik ke yang lain tanpa putus. Sistem kecepatan yang diatur sesuai beban juga membuat semuanya jadi lebih terukur dan barang pun sampai ke tujuan dengan aman.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!