CARA MENCEGAH KOROSI PIPA MINYAK BUMI DAN GAS

CARA MENCEGAH KOROSI PIPA MINYAK BUMI DAN GAS

RSM – Korosi adalah hal yang tidak dapat dihindari dan pasti akan terjadi salah satunya pada pipa minyak bumi dan gas. Lalu, bagaimana cara mencegah korosi pada pipa minyak bumi yang tepat?

 

CARA MENCEGAH KOROSI PIPA

Pipa yang digunakan untuk pendistribusian minyak bumi dan gas bumi umumnya terbuat dari logam. Pipa logam tersebut akan terkena kontak langsung dengan lingkungan sekitarnya, apabila berada di darat dan terkubur makan akan terkontak dengan tanah, dan apabila berada di lautan lepas serta terendam, maka akan terkontak dengan air laut yang memiliki kadar garam yang tinggi.

Kontak pipa dengan lingkungan tempatnya tersebut menimbulkan masalah baru, yaitu korosi yang dapat terjadi pada pipa logam penyalur minyak ataupun gas bumi tersebut. Korosi adalah kerusakan material khususnya logam secara umum akibat reaksi dengan lingkungan sekitarnya. Definisi lainnya yaitu, korosi merupakan penurunaan kualitas yang disebabkan oleh reaksi kimia bahan logam  dengan unsur-unsur lain yang terdapat di alam atau lingkungan tempat pipa berada.

Masalah korosi yang terjadi pada jaringan sistem perpipaan sangat membutuhkan perhatian yang khusus, dikarenakan dampak dari adanya proses korosi pada suatu struktur khususnya pada jaringan sistem perpipaan adalah banyaknya kerugian ekonomis dan teknis yang timbul.

Sebagai contoh dari kerugian teknis tersebut adalah menurunnya fatigue life serta tensile strength, berkurangnya sifat mekanis material, hingga dapat menyebabkan kebocoran pada pipa penyalur apabila korosi dibiarkan begitu saja tanpa dicegah.

Berdasarkan data statistik, terdapat gambaran secara global bahwa biaya yang perlu dikeluarkan akibat korosi bisa mencapai sekitar 40% dari total dari biaya operasi serta perawatan per tahunnya

 

JENIS KOROSI PIPA

Secara garis besar, korosi pada pipa khususnya terbagi dalam dua bagian yaitu korosi eksternal (terjadi pada bagian permukaan dari sistem perpipaan, baik yang kontak dengan udara bebas maupun dengan permukaan tanah, yang diakibatkan adanya kandungan zat asam pada udara dari tanah) dan korosi internal (akibat adanya kandungan CO2 dan H2S pada minyak bumi yang megalir di dalam pipa, dan apabila terjadi kontak dengan air, maka akan membentuk asam yang menyebabkan korosi).

 

JASA PROTEKSI KATODIK

Pencegahan serta penanggulangan dan pengurangan dampak korosi sangat perlu dilakukan, baik dengan melakukan penelitian mengenai metode-metode pencegahan dan pengendalian korosi yang baru serta mencari tahu metode mana yang paling tepat dan efektif dari metode-metode yang sudah ada.

Konsep dasarnya, korosi merupakan proses elektrokimia dimana reaksi elektrokimia terjadi lewat pertukaran elektron, sedangkan proses pertukaran elektron yang terjadi dapat dicegah oleh proteksi katodik.

Sistem pada proteksi katodik memiliki prinsip pencegahan korosi atau perlindungan logam dari korosi dengan cara menjadikan logam yang akan dilindungi sebagai katoda, sehingga logam tersebut akan menerima elektron dari anoda yang sengaja disediakan.

Dalam sistem proteksi katodik, proses korosi akan terjadi pada anoda sedangkan diupayakan untuk katodanya terbebas dari korosi. Umumnya logam adalah anoda namun pada sistem proteksi katodik logam difungsikan sebagai katoda sehingga terlindung dari korosi. Konsep ini terjadi dengan mengalirkan elektron dengan arus listrik yang lebih tinggi dari yang dihasilkan oleh reaksi korosi pada anoda.

Adapun terdapat dua dari metode pengendali korosi yang menggunakan konsep proteksi katodik yaitu metode Impressed Current dan metode Sacrificial Anode.

 

JASA CHATODIC PROTECTION

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, Termasuk perbaikan korosi dengan metode proteksi katodik dan berbagai layanan profesional lainnya, seperti :

 

SPESIALIS ANTI KOROSI

  1. Petrolatum Tape
  2. Composite Wrapping for Jetty Piles
  3. Cathodic Protection
  4. Coating, Lining & Protection

 

JASA PERBAIKAN BETON

  1. Floor Coating, Roof Coating
  2. Concrete Repair
  3. Grouting

 

ONLINE LEAK SEALING

  1. Stop Leak & Metal Repair
  2. Water Shield

 

JASA FABRIKASI CONVEYOR

Selain itu, RSM juga menyediakan Jasa fabrikasi sistem conveyor terlengkap untuk berbagai kebutuhan Anda, diantaranya :

1.Kontraktor Engineering, Procurement and Construction (EPC)

  • Crusher Conveyor System
  • Mobile Crusher System
  • Barge Loading Conveyor System
  • Loading & Unloading Conveyor Conveyor System
  • Transfer Conveyor System
  • Weight Bridge System (Jembatan Timbang)
  • Cold/Hot Splicing Conveyor Belt (Jasa Penyambungan Conveyor Belt dengan Metode Dingin/Panas)
  • Drum Pulley Rubber Lagging Application (Jasa Pemasangan Rubber Lagging pada Drum Pulley)
  • Lainnya

2.Fabrikasi Item Conveyor

  • Hopper
  • Chain Feeder
  • Feeder Breaker
  • Vibrating Screen
  • Crusher & Teeth Crusher
  • Frame Conveyor
  • Lainnya

 

JUAL CONVEYOR SPAREPARTS

  1. Rubber Conveyor Belt
  2. PU & PVC Conveyor Belt
  3. Rubber Lagging, Skirt Rubber
  4. Adhesive Material (Lem untuk Penyambungan Conveyor Belt), Splicing Tool (Alat Penyambungan Conveyor Belt)
  5. Power Transmission (V Belt, Timing Belt, V Pulley)
  6. Heavy Duty Roller
  7. Drum Pulley
  8. Belt Cleaner

 


Tags :

Perlindungan korosi, jasa proteksi katodik, proteksi katodik, jasa cathodic protection, pengendalian korosi, anti korosi, penyebab korosi, jenis korosi, perbaikan korosi, korosi pipa, mencegah korosi, bahaya korosi

 

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!