CARA MERAWAT CONVEYOR SYSTEM YANG BENAR

CARA MERAWAT CONVEYOR SYSTEM YANG BENAR

RSM – Seperti halnya alat-alat produksi lain, Anda juga perlu merawat conveyor system agar tidak mengganggu produksi atau aktifitas bisnis Anda

Tujuannya merawat conveyor system adalah selain agar tetap bersih dan tidak menggangu mutu barang yang melewatinya, juga agar tetap aman dipakai bagi para pekerja dan memiliki performa prima sampai jangka waktu yang lama sehingga Anda bisa memangkas budget untuk regenerasi perkakas atau sparepart.

Sebab itu, sangat penting bagi pemilik conveyor system untuk mengenal cara merawat conveyor system yang benar. Pasalnya, conveyor system yang berjalan lancar dapat membantu produktivitas industri Anda hingga berkali-kali lipat.

Lalu, bagaimana cara merawat conveyor system yang tepat dan benar? Selebihnya bisa Anda baca sendiri di sini.

Sederhananya, cara merawat conveyor system melibatkan dua proses. Yaitu pencegahan dan pemeliharaan, lalu satunya lagi penanganan. Dua-duanya cukup mudah, tapi ada baiknya Anda menggunakan jasa conveyor system terpercaya yang bisa memberikan sokongan spareparts siap pasang atau maintenance seperti team PT. Ranadityo Sukses Makmur.

 

MENJAGA SISTEM CONVEYOR

 

  1. Jangan Melakukan Perawatan dalam Kondisi Menyala

Mungkin tebersit dalam pikiran Anda untuk membersihkan atau merawat conveyor system saat mesin dalam keadaan menyala. Tapi jangan pernah melakukan ini. Pertama kali mesin yang menyala bisa membawa tegangan arus ke bagian tubuh Anda dan akibatnya bisa jadi menyakitkan. Yang kedua, conveyor system yang sedang bergerak bisa membuat tangan Anda tersangkut atau bahkan patah.

Selain itu, proses pemeliharaan jugapasti tidak maksimal karena pengecekan tidak dapat dilakukan secara merata. Jadi, pastikan untuk sudah melepas sambungan ke arus daya sebelum melakukan perawatan.

 

  1. Jangan Memuat Barang Melebihi Bobot yang Disarankan

Pasca pemasangan, pihak teknisi pasti memberikan guideline berupa modul mengenai tata cara menjalankan  dan perawatan. Nah, di sana pasti juga ada keterangan mengenai bobot maksimum yang bisa diangkut oleh conveyor system Anda.

Setiap conveyor system memiliki titik maksimal dan minimal akan berapa muatan yang bisa disalurkan dalam satu waktu. Dan keseringan memaksa conveyor system untuk menyalurkan muatan di luar kapasitasnya bisa membuat umur conveyor system Anda semakin pendek. Jadi, jangan pernah melakukan yang ini.

 

  1. Kenali Kapasitas Anda

Terkadang ada godaan untuk menangani perawatan conveyor system Anda sendiri meskipun titik kerusakannya cukup berat. Saran kami: jangan pernah lakukan ini. Segeralah menelepon pihak supplier atau teknisi conveyor system yang dapat Anda percaya. Karena jika salah melakukan, bisa-bisa conveyor system Anda semakin rusak. Atau lebih parahnya, berbalik melukai Anda sendiri dalam proses perawatannya.

 

  1. Periksa Secara Berkala

Usahakan pemeriksaan preventif berupa pemeriksaan terperinci mesin untuk memeriksa bagian-bagian yang tidak berfungsi atau menjadi lemah karena aus. Mengetahui masalah sejak awal bisa menciptakan peluang untuk menyelesaikan masalah sebelum dimulai. Koreksi dapat lebih mudah dilakukan dan tindakan dapat diambil untuk mencegah masalah produksi di masa depan. Ini memungkinkan keandalan yang lebih tinggi dan mengoptimalkan masa pakai conveyor system Anda.

Beberapa masalah yang mungkin harus dicari adalah belt yang tidak berjalan lurus, gulungan yang tersumbat, bantalan yang rusak, komponen yang rusak, atau pelat roll yang sering tergelincir.

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Selama Perawatan Conveyor Sistem

Ada yang perlu dicatat supaya perawatan conveyor system Anda tidak menimbulkan masalah keselamatan, yang bisa Anda simak dalam poin-poin berikut:

Perawatan conveyor system terkadang butuh peralatan mekanis seperti katrol, pemotong, dan sebagainya. Tetapi, usahakan agar sudut-sudut tajam benda ini tidak merusak komponen conveyor. Sebab nanti conveyor akan dinyalakan secara serentak setelah selesai. Percikan daya dari sobekannya bisa membawa kerusakan serius.

  1.  Jaga agar area sekitar conveyor system tetap bersih dan bebas bekas seperti basah sabun atau pelumas.
  2.  Hindari menggunakan pakaian longgar agar tidak mudah tersangkut selama operasi peralatan.
  3.  Conveyor system punya sudut-sudut tajam dan berbahaya yang bisa membawa masalah jika Anda tidak berhati-hati. Jadi waspadalah.
  4. Setelah selesai merawat conveyor system, jangan buru-buru menyalakannya. Berjalanlah di sekitar peralatan dan pastikan semua perangkat keselamatan ada di tempat. Kemudian, jauhkan semua perkakas yang kemungkinan mengganggu kinerja operasi conveyor system.
  5. Beri peringatan pada seluruh team operator ketika Anda akan menyalakan kembali conveyor system untuk menghindari kecelakaan.

 

CARA MERAWAT CONVEYOR SYSTEM

Lalu, bagaimana cara merawat conveyor system agar dapat berjalan mulus tanpa gangguan lebih lama?

 

  1. Perhatikan Kotoran yang Menumpuk

Kotoran yang menumpuk apalagi mengerak bisa pelan-pelan merusak conveyor system. Jadi, pastikan Anda waspada dan segera membersihkannya jika conveyor system sudah lama dirasa tidak dibersihkan. Juga jika Anda mendapati ada tumpukan kotoran di manapun posisinya. Cara merawat conveyor system yang paling dasar adalah memastikan tidak ada flow yang terganggu karena hal semacam ini.

 

  1. Pastikan Frame Conveyor System Berimbang

Frame bukan cuma punya fungsi menyangga dan melindungi conveyor system. Tapi juga memastikannya tetap ajeg. Jika bagian frame penyok-penyok dan miring, sangat mungkin conveyor system tidak berjalan semestinya. Sangat penting untuk memeriksa secara teratur untuk memastikan frame conveyor tersusun rapi dan semuanya terpasang dengan benar. Anda dapat dengan mudah mengonfirmasi dengan menggunakan level standar dan memeriksa untuk memastikan bahwa kedua sisi imbang. Bila dirasa mulai rusak, segera hubungi supplier.

 

  1. Berikan Perhatian pada Idler Conveyor

Idler memiliki fungsi untuk menyokong bagian belt  dan melindunginya dari potensi melar, menyusut, atau bahkan ronoh. Dan yang berbahaya adalah ketika idler dalam conveyor terlalu kotor, membeku, atau tidak selaras dengan waktu karena pemasangan yang tidak tepat atau keausan alami, sobek, dan gerakan. Bagian-bagian ini harus dibersihkan secara teratur dan kerataannya harus diperiksa.

 

  1. Wajib Ganti Bagian yang Aus

Jika ada bagian tunggal dari sistem conveyor Anda yang mulai rusak, jangan menunggu waktu untuk diganti. Semakin Anda menunda untuk menggantinya, semakin Anda membuat keseluruhan parts cobveyor system jadi tidak stabil. Sehingga, bukan tidak mungkin akan terjadi kerusakan di bagian lain juga.

Kerusakan spare parts conveyor system bisa terjadi karena beragam hal misalnya karena kotoran terlalu menumpuk atau karena ada faktor usia. Jika Anda mulai menengarai problem ini, segera hubungi teknisi terdekat untuk menggantinya.

 

SUPPLIER CONVEYOR

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

 

JASA PEMBUATAN SISTEM CONVEYOR

Jasa fabrikasi sistem conveyor terlengkap untuk berbagai kebutuhan Anda ;

  1. Kontraktor Engineering, Procurement and Construction (EPC)
  2. Fabrikasi Item Conveyor

 

JUAL CONVEYOR SPAREPARTS

  1. Rubber Conveyor Belt
  2. PU & PVC Conveyor Belt
  3. Rubber Lagging, Skirt Rubber
  4. Adhesive Material & Splicing Tool
  5. Power Transmission (V Belt, Timing Belt, V Pulley)
  6. Heavy Duty Roller
  7. Drum Pulley
  8. Belt Cleaner

 

SPESIALIS ANTI KOROSI

  1. Petrolatum Tape
  2. Composite Wrapping for Jetty Piles
  3. Cathodic Protection
  4. Coating, Lining & Protection

 

JASA PERBAIKAN BETON

  1. Floor Coating, Roof Coating
  2. Concrete Repair
  3. Grouting

 

ONLINE LEAK SEALING

  1. Stop Leak & Metal Repair
  2. Water Shield

 

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!