JASA FRP LINING DAN PROTECTION MELINDUNGI DARI KOROSI

JASA FRP LINING DAN PROTECTION MELINDUNGI DARI KOROSI

Setiap bangunan atau perkakas industri sesungguhnya adalah investasi berharga. Dengannya, Anda bisa melakukan kegiatan produksi dengan tingkat efektivitas dan efisiensi yang jauh melebihi dulu saat manusia hanya mengenal tenaga manual. Mesin-mesin produksi bisa menggenjot produktivitas hingga 210% bila dibandingkan dengan kerja organik.

Sayangnya, mesin-mesin dan bangunan ini juga bukannya imun atas kerusakan. Ada bahaya pelapukan atau korosi yang mengintai seiring dengan perubahan cuaca, tensi udara, limbah dari muatan, juga faktor alamiah seperti penuaan. Untuk menanggulangi itu, diberikan macam-macam jenis lapisan pada mesin dan perkakas Anda. Dan salah satu cara yang banyak diunggulkan adalah menggunakan jasa FRP lining and protetion.

 

PENCEGAHAN KOROSI

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

PENGENDALIAN KOROSI

Selain perlindungan korosi dengan jasa FRP Linning, RSM juga memberikan Perlindungan Korosi dengan berbagai layanan lainnya, yaitu :

  • Proteksi Anodik
  • Proteksi Katodik
  • Zinc Anode
  • Magnesium Anode
  • Aluminium Anode
  • TAM Composite Wrapping
  • HDPE Jacketing
  • Cat Anti Karat / Protective Coating
  • TAM Petrolatum Tape
  • FRP Lining Protection

 

Jasa FRP Lining

 

FRP yang merupakan singkatan dari Fibreglass Reinforced Plastics adalah salah satu metode pelapisan yang banyak direkomendasikan untuk permukaan besi, beton, dan baja. Yang sedikit membedakannya dengan metode lain adalah lapisan ini bersifat multilayer dan menggunakan kombinasi lapis-lapis serat dengan konsistensi kimia yang dapat divariasikan. Misalnya fiberglass, polyester, PU, dan sebagainya.

Campuran bahan ini adalah temuan termutakhir dari laboratorium teknologi yang dinilai dapat menekan potensi karat dan korosi hingga hampir 96%. Selain itu, pelapisan ini juga bisa membuat area yang terlindungi FRP lining cenderung lebih tahan gores dan kuat oleh gempuran cuaca. Karena, pelapis ini terbuat dari sinergi beragam bahan kimia yang saling melengkapi.

 

 

Fungsi Keunggulan FRP Lining

 

Di antara material untuk coating lain, Jasa FRP Lining dianggap paling terdepan ketika peruntukannya untuk industri. Alasannya, adalah karena bangunan dan mesin usaha industri paling banyak berurusan dengan zat kimia yang bisa jadi bersifat korosif. Misalnya, adalah zat asam. Paparan terus menerus dengan asam rentan membuat perkakas lama-lama terkikis dan berubah warna.

Selain itu, perkakas industri masih paling banyak menggunakan besi sebagai penampangnya. Kekurangan besi adalah gampang berkarat, yang tentunya mempengaruhi segi produksi baik secara kualitas maupun estetika. Nah, kehadiran tambahan coating FRP lining bisa meminimalisasi kemungkinan ini sampai hampir nol.

Selain itu, keunggulan lain dari FRP Lining adalah ia kedap air sehingga Anda tidak perlu merisaukan rembesan hujan. Suhu udara yang terlampau tinggi maupun rendah juga tidak akan menimbulkan keretakan coating yang berarti. Selain itu juga tahan gesekan serta sinar UV, pelapukan, bahkan tidak meleleh terkena api.

Maka dari itu, lapisan FRP sangat ideal untuk industri-industri yang berurusan dengan:

 

  1. Pembangkit listrik baik nuklir maupun air
  2. Pembangunan infrastruktur dan properti
  3. Pertambangan, minyak, dan gas
  4. Farmasi dan obat-obatan
  5. Zat kimia berbahaya
  6. Dan lain-lain

 

Cara Memilih Resin FRP yang Tepat

 

Memilih Resin untuk lapisan FRP Lining Anda bisa gampang-gampang susah. Bijaknya, berkonsultasilah pada pihak penyedia jasa FRP and protection dan berikan data mengenai karakteristik industri Anda setransparan mungkin.

Sebab, cara menentukan resin yang pas untuk FRP Lining Anda sangat bergantung pada faktor-faktor ini:

 

  • Apa jenis cairan kimia atau air yang menjadi subjek campuran? Perkakas industri ini digunakan untuk memuat zat yang dominan apa? Diusahakan, tidak terjadi percampuran zat kimia antara coating dan konten yang malah memberikan efek kontraproduktif.
  • Berapa persentasi konsentrasi kimia dalam larutan? Butuh hitung-hitungan terperinci untuk menentukan apakah ketebalan resin dan campuran lainnya bisa berkorelasi positif dan menciptakan lapisan yang cukup tebal dan tahan.
  • Berapa tahanan suhunya? Jenis resin yang dipakai juga harus menyesuaikan titik didih dan beku maksimal yang berlaku di medan tempat coating akan diaplikasikan. Ini penting karena pemberian resin yang salah bisa membuat lapisannya mengelupas lebih cepat dari perencanaan; entah karena retak atau meleleh.

 

Tahap-Tahap Pemasangan FRP Lining

Agar benar-benar merekat, ada tahap-tahap pemasangan FRP Lining yang tidak bisa ditukar urutannya. Biasanya, tahap pemasangan ini bisa memakan waktu seharian penuh jika cuaca sedang mendukung. Maksimal tiga hari bila area pemasangan sangat luas dan tidak banyak cahaya matahari.

Tahap-tahap yang dimaksud dalam pemasangan ini adalah:

 

  1. Grinding

Area yang akan diberi lapisan FRP lining benar-benar dipastikan halus dari gundukan atau cekungan serta dibersihkan. Juga, diberlakukan pengikisan permukaan dengan alat grinder khusus. Lalu dibiarkan agar benar-benar kering setelah dicuci secara seksama. Pokoknya, usahakan permukaannya benar-benar mulus dari apa pun.

 

  1. Coating

Di sini, mulai dilakukan pelapisan. Yang mula-mula diberikan adalah lapisan primer, lalu dibiarkan kering. Setelah benar-benar kering, barulah diberikan lapisan fiberglasss. Menyusul setelahnya adalah ditambahkan tambahan resin yang paling tebal dan mengilat dan memiliki karakter warna serta reaksi kimia khusus. Proses ini yang memakan waktu paling lama karena harus menunggu lapisan demi lapisannya mengering lebih dahulu.

 

  1. Pemberian top coating

Resin yang sudah kering tadi kemudian diberikan selapis pelindung lagi yang disebut dengan top coating. Fungsinya untuk menjaga agar warna dan ketahanan bahan pelindung sebelumnya tetap intact. Adapun nanti bila terjadi benturan keras yang sampai menyebabkan pengelupasan, bagian top coating inilah yang menadahinya sehingga bagian dalam perkakas tidak akan rusak terlalu banyak.

Jadi jelas sudah, pemberian lapisan FRP lining sangat disarankan apabila Anda memang menganggap perkakas dan bangunan produksi Anda sebagai investasi yang berharga.

Karena, kerugian oleh risiko korosi, karat, dan perubahan warna oleh zat-zat berbahaya baik yang ada di alam maupun muatan produk Anda sendiri tidak tanggung-tanggung. Jika salah mengerjakan, bisa-bisa Anda harus mengganti keseluruhan alat dari nol.

Untuk lebihnya, Anda bisa menghubungi kontak di website ini demi konsultasi ahli yang lebih nyaman dan profesional. Tertarik?

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!