PERLINDUNGAN KOROSI DENGAN JASA KATODIK ICCP

PERLINDUNGAN KOROSI DENGAN JASA KATODIK ICCP

Jika Anda mencari Solusi Perlindungan Korosi dengan Jasa Katodik ICCP (Impressed Current Cathodic Protection), RSM adalah solusi yang tepat.

 

PENCEGAHAN KOROSI

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

PENGENDALIAN KOROSI

Selain perlindungan korosi dengan jasa katodik ICCP, RSM juga memberikan Perlindungan Korosi dengan berbagai layanan lainnya, yaitu :

  • Proteksi Anodik
  • Proteksi Katodik
  • Zinc Anode
  • Magnesium Anode
  • Aluminium Anode
  • TAM Composite Wrapping
  • HDPE Jacketing
  • Cat Anti Karat / Protective Coating
  • TAM Petrolatum Tape
  • FRP Lining Protection

 

JASA KATODIK ICCP

Impressed Current Cathodic Protection (ICCP) adalah salah satu metode perlindungan katodik dengan cara mengaplikasikan katodik pada permukaan yang terkorosi. Metode ini merupakan metode proteksi dengan menggunakan sumber arus yang berasal dari luar. Dari arus AC yang dilengkapi dengan sistem penyearah arus (rectifier) sehingga menjadi arus DC. Pada metode ini kutub negative dihubungkan ke struktur yang dilindungi, lalu kutub positif dihubungkan ke anoda.

Pada prinsipnya sistem proteksi katodik arus paksa  (ICCP) sama dengan anoda tumbal (SACP), hanya saja kebutuhan arus elektronnya disuplai dari luar sistem yaitu dari anoda yang dihubungkan ke sumber arus DC.

Sumber arus DC dapat dihasilkan dari berbagai sumber seperti baterai, solar sel, dan generator. Namun intinya adalah dengan membanjiri struktur logam yang akan dilindungi dengan sumber elektron dari luar sistem sehingga membuat struktur logam tersebut jadi bersifat katodik dan membuat struktur logam kebal terhadap korosi.

 

JASA KATODIK ICCP

 

Seperti pada gambar diatas, anoda dipasang di tempat logam yang akan diproteksi lalu disambungkan ke terminal positif dari output rectifier. Sedangkan logam yang akan dilindungi disambungkan ke terminal negatif dari output rectifier. Aliran arus akan mengalir dari anoda melalui elektrolit di dalam air laut hingga sampai ke logam. Sistem proteksi katodik arus paksa dapat memiliki banyak konfigurasi anoda yang tergantung pada elektrolit dan logam yang akan dilindunginya.

Jenis anoda yang digunakan pada jika menggunakan jasa katodik ICCP ini adalah galvanic cathodic karena kebutuhan arus proteksinya lebih baik daripada dengan proteksi dengan berbahan lain. Jenis anoda yang digunakan harus mempunyai masa aktif yang lama. Jika seperti itu, material seperti platinum, magnet, baja silikon, dan grafit biasanya digunakan pada pengaplikasian tersebut.

Anoda yang digunakan tidak harus lebih reaktif daripada struktur logam yang akan dilindungi, anoda yang digunakan biasanya bersifat inert dan memiliki ketahanan yang tinggi terhadap serangan korosi. Anoda dapat terbuat dari material seperti graphite, logam paduan, dan mixed-metal oxide-coated titanium (MMO). Kriteria yang ideal untuk anoda, antara lain :

  1. Laju konsumsi yang rendah
  2. Tingkat polarisasi yang rendah
  3. Konduktifitas listrik yang tinggi
  4. Kemudahan dalam instalasi
  5. Kuat secara fisik, sehingga tidak mudah mengalami kerusakan
  6. Tahan terhadap abrasi dan erosi
  7. Mudah dibentuk
  8. Biaya yang rendah

Mode arus tetap adalah salah satu yang dipakai dalam sistem Impressed Current Cathodic Protection. Dengan menetapkan nilai arus tetap dan mengontrol potensi objek, kinerja sistem dapat dioptimalkan. Tetapi nilai parameter operasi lainnya tetap konstan, karena variasi pada daerah yang terlindungan akan mengakibatkan variasi pada arus.

 

Aspek Teknis ICCP

Aspek teknis yang harus diperhatikan saat menggunakan jasa katodik ICCP, antara lain:

  1. Tahap desain

Tahap desain ini meliputi kondisi lapisan pelindung, luas area permukaan yang akan diproteksi, kebutuhan arus proteksi, kebutuhan jumlah anoda, tahanan anoda terhadap air laut, tahanan kabel DC dari anoda menuju junction box, tahanan kabel DC dari junction box menuju rectifier, tahanan total sirkuit DC, tegangan DC rectifier, total tegangan DC rectifier, kebutuhan daya AC yang diperlukan untuk rectifier serta kapasitas transformer yang diperlukan.

  1. Tahap Instalasi

Tahap instalasi meliputi pemasangan anoda yang digunakan dalam sistem ICCP dengan FRP, pemasangan FRP dengan stainless band pada pile, pemasangan junction box tepat berada di samping FRP dan peletakan posisi rectifier pada tempat yang aman.

  1. Tahap maintenance sistem ICCP

Tahap maintenance meliputi pengukuran potensial (tegangan) struktur tehadap elektrolit dengan menggunakan High Impedance Voltmeter dan reference electrode untuk membuktikan apakah struktur tersebut mengalami korosi atau tidak.

 

Aspek Ekonomis ICCP

Sedangkan untuk aspek ekonomis yang harus dipertimbangkan yaitu biaya pembelian peralatan (rectifier, anoda, junction box, kabel) biaya instalasi (biaya pemasangan anoda, pembelian pelindung kabel, pengikat anoda) dan biaya maintenance sistem (biaya perawatan dan biaya inspeksi terhadap peralatan apabila terjadi kerusakan).

 

Kelebihan Proteksi Katodik ICCP

Jasa Katodik ICCP menjadi pilihan sebagian orang dikarenakan memiliki keunggulan sebagai berikut :

  1. Memiliki driving force yang besar, sehingga dapat digunakan untuk struktur yang besar.
  2. Uncoated, yang berada dalam lingkungan resitivitas yang tinggi, hanya memerlukan beberapa anoda.
  3. Relatif lebih sedikit dibandingkan metode anoda korban.
  4. Selain itu dengan metode arus tanding ini dapat diatur jika ada perubahan kondisi lingkungan dan coating.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!