Jasa Pembuatan Conveyor Pemecah Batu / Crusher Stone

Jasa Pembuatan Conveyor Pemecah Batu / Crusher Stone

Mulai dari farmasi hingga properti, penggunaan conveyor system seperti menyentuh semua aspek industri demi kebutuhan produksi yang lebih efisien dan efektif. Termasuk juga dalam Jasa pembuatan conveyor pemecah batu.

Jenis material satu ini sedang mengalami lonjakan permintaan dari masyarakat seiring geliat pembangunan infratsruktur di nusantara. Tapi sebenarnya, apa itu conveyor pemecah batu dan apa yang membuatnya istimewa?

Jika ditelisik, setiap rangkaian conveyor system punya keunikan yang membuat sebuah spesifikasi rangkaian tidak selalu bisa berjalan baik bila digunakan untuk kepentingan lain.

Misalnya, rangkaian conveyor system untuk makanan belum tentu pas untuk conveyor system untuk logistik dan lain sebagainya. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan seperti bahan baku belt, kekuatan pulley, jenis lapisan lagging, rangka idler yang digunakan, dan lain sebagainya.

Nah, konveyor pemecah batu (stone crusher) juga punya spesifikasi tersendiri.

 

Pembuatan Conveyor Pemecah Batu

 

SUPPLIER CONVEYOR BELT MURAH

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA COATING
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

Jasa Pembuatan Conveyor Pemecah Batu / Crusher Stone

 

Conveyor Pemecah Batu

Yang disebut sebagai conveyor pemecah batu sebenarnya adalah seperangkat penyalur antara stone crusher plant dan titik muara untuk pengangkutan. Stone crusher plant adalah plant alias tambang pemecahan batu, tempat batu-batu  besar akan dihancurkan dengan mesin stone crusher.

Menggunakan mesin vibrating screen, pecahan batu-batu besar ini kemudian disortir sesuai dengan ukuran wiremesh screen ayakan batu yang diinginkan agar diperoleh ukuran batu yang sesuai.

Mengapa batu-batu besar ini perlu mengalami penyesuaian ukuran adalah untuk digunakan sebagai campuran pada batching plant agar dihasilkan campuran beton yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai macam proyek infrastruktur seperti jalan raya, jalan tol, jembatan, dan lainnya.

Tanpa adanya beton yang dihasilkan dari campuran batu agregat mustahil kita dapat menghasilkan infrasktruktur yang kokoh dan tahan lama.

Stone crusher plant punya kapasitas kerja yang luar biasa hingga 50 TPH hingga 600 TPH (Ton Per Hour). Pun setelah dihancurkan, ada kalanya batu-batu itu harus mengalami pemrosesan ukuran yang lebih halus lagi sampai tahapan secondary crusher, tertiary crusher, bahkan hingga quaternary crusher jika memang dibutuhkan.

Material dengan ukuran yang dinilai tidak sesuai kualifikasi akan dibawa lagi menuju mesin stone crusher untuk diproses kembali.Material tersebut kemudian akan melalui proses seperti sebelumnya hingga didapati ukuran yang sesuai dengan standar dan kualitas yang diinginkan.

Untuk mengimbangi kerja mesin masif tersebut, maka dibutuhkan juga conveyor belt atau chute dengan performa tinggi agar tidak terjadi penumpukan produk di area produksi.

 

Keistimewaan Conveyor Pemecah Batu

 

Untuk adilnya, mesin conveyor pemecah batu sebetulnya bersifat universal. Alias secara struktur bisa digunakan untuk barang apapun. Tetapi khusus peruntukan ini, digabungkan dengan mesin penghancur batu (stone crusher plant).

Mesin conveyor pemecah batu biasa dipasang pada bagian output mesin penghancur batu sistem hammer mill. Tanpa adanya conveyor, akan sulit mengambil hasil batu yang sudah hancur akan karena posisinya berada di bawah mesin.

Sangat membahayakan jika menggunakan tenaga manual untuk melakukan proses ini kaeran gerigi hammer mill dari mesin penghancur batu tajam dan kuat. Dengan bantuan mesin conveyor, hasil output hancuran batu akan berada jauh di depan mesin. Posisisinya yang tinggi juga memungkinkan truk bisa langsung mengambil batu langsung dari conveyor.

Sejauh ini, bantuan conveyor pemecah batu sangat konvensional dan paling aman untuk membantu proses transfer muatan batu.

 

Karakteristik Conveyor Pemecah Batu

 

Biasanya, pada conveyor pemecah batu bagian permukaan sengaja dibuat tidak dibuat rata dan ditambahkan sekat-sekat kecil menyerupai huruf V. Tujuan dari bentuk ini adalah supaya  pasir kecil atau kerikil bisa tersangkut dan turut terbawa ke atas mengikuti arah putaran conveyor.

Alasan lain dari diadakannya model karet yang menyerupai huruf V ialah untuk menambah sudut elevansi dari conveyor itu sendiri. Semakin tinggi sudut elevansi,  semakin menguntungkan sebab kebanyakan di bagian ujung conveyor (bagian terujung output) sudah tersedia bak truk untuk mengangkut hasil pecahan batu k tujuan akhir.

Sudut elevansi yang tinggi ini juga membuat truk makin bebas bergerak. Ini penting diperhatikan sebab truk pngangkut ini biasa berukuran jumbo jadi perlu diberikan setelan khusus agar bisa masuk ke bawahnya.

Desain conveyor belt pemecah batu yang melengkung efektif untuk mengangkut pasir atau kerikil. Dengan bentuk demikian, hasil pecahan batu-batuan kecil tadi tidak akan tumpah ke pinggir. Bentuk melengkung ini juga menambah kapasitas angkut.

Salah satu upaya untuk menciptakan sudut lengkung yang pas ini adalah dengan menjejarkan 3 buah roll yang berjejer sepanjang conveyor.

Tiga buah roller akan diatur dalam tatanan khusus di mana setelah belt digelar di atasnya akan membentuk cekungan dengan presisi yang teratur. Ketiga roller ini kemudian akan berputar sehingga gesekan antara belt dan roller dapat diminimalisir . Idealnya, roller ini terbuat dari baja keras yang di dalamnya diberi bearing.

Dengan bantuan gaya gravitasi, belt yang digelar di atas susunan roll tersebut akan membentuk cekungan. Pada mesin penghancur batu, ujung dari conveyor ini kemudian bermuara tepat di bawah saringan mesin pemecah batu. Sehingga begitu pecahan batu-batu ini jatuh maka akan langsung ditangkap oleh belt conveyor lalu dikirim ke ujung yang satunya lagi  dan terjadilah rantai pengantaran yang tidak putus-putus.

Sehingga, mesin conveyor pemecah batu ini sudut elevansinya harus dapat diatur. Ketinggian ujung conveyor pemecah batu harus bisa diatur sesuai dengan keinginan demi mengkustomisasi  ketinggian dari ujung conveyor ini, Anda bisa menggunakan tenaga mekanis dengan bantuan gearbox ,atau tenaga hidrolik jika Anda punya tambahan kocek dan menginginkan presisi penuh.

Demikian adalah sedikit wawasan mengenai apa istimewanya conveyor pemecah batu atau stone crusher yang sudah banyak membantu infratstruktur kita.

 

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!