CARA MENCEGAH KOROSI DENGAN JASA PROTEKSI KATODIK

CARA MENCEGAH KOROSI DENGAN JASA PROTEKSI KATODIK

RSM – Masalah korosi membutuhkan perhatian yang khusus, untuk itulah RSM menyediakan berbagai layanan anti korosi. Salah satu cara ampuh mencegah korosi yaitu dengan menerapkan jasa proteksi katodik / jasa cathodic protection.

Dalam menghambat terjadi nya korosi pada struktur logam khususnya pipa logam, terdapat beberapa cara diantaranya dengan pemilihan material yang baik dan tepat, penggunaan lapisan pelindung (coating) dan penggunaan proteksi katodik (cathodic protection) untuk melindungi struktur logam dari korosi.

 

PENCEGAHAN KOROSI

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

PENGENDALIAN KOROSI

Selain perlindungan korosi dengan jasa proteksi katodik, RSM juga memberikan Perlindungan Korosi dengan berbagai layanan lainnya, yaitu :

  • Proteksi Anodik
  • Proteksi Katodik
  • Zinc Anode
  • Magnesium Anode
  • Aluminium Anode
  • TAM Composite Wrapping
  • HDPE Jacketing
  • Cat Anti Karat / Protective Coating
  • TAM Petrolatum Tape
  • FRP Lining Protection

 

JASA PROTEKSI KATODIK

Proteksi Katodik / Jasa Cathodic protection merupakan suatu metode perlidungan struktur yang terbuat dari logam dari proses korosi. Apabila korosi terjadi, proteksi katodik dapat digunakan untuk dalam upaya mencegah proses korosi atau setidaknya menghambat laju dari korosi pada struktur logam yang akan dilindungi.

Ada dua metode proteksi katodik dalam melindungi dan mengendalikan korosi pada sebuah kontruksi khususnya pada jaringan perpipaan, diantaranya metode Impressed Current Cathodic Protection (ICCP) dan metode Sacrificial Anode.

Namun, sebelum memutuskan jasa proteksi katodik mana yang akan digunakan, Anda harus membandingkan efisiensi maupun efktifitasnya, ditinjau dari analisa segi teknis dan perbandingan dari segi ekonomis.

Tujuan dari perbandingan tersebut adalah agar nantinya, kita dapat menentukan metode mana yang paling efisien dan efektif serta dapat menekan biaya produksi hingga biaya perawatan, sehingga mendapatkan hasil yang optimal dari segi ekonomisnya

Walaupun begitu, proteksi katodik hanya dapat menghambat proses korosi tetapi tidak dapat mengembalikan material yang telah terkorosi sebelumnya.

 

#1. Impressed Current Cathodic Protection

Metode ini menggunakan arus listrik disuplai dari sumber tenaga eksternal yaitu rectifier atau dengan motor listrik yang menghasilkan arus searah, yang ditampung di dalam aki terlebih dulu untuk memperoleh arus listrik yang baik.

Arus listrik dari sumber tersebut kemudian dialirkan melalui kabel, lalu diteruskan ke anoda yang terkubur maupun terendam dalam elektrolit.

Jenis anoda yang digunakan pada Impressed Current terbuat dari material non aktif (inert) contohnya seperti mixed metal oxide, timbal, baja, high silicon cast iron, timah, platinum atau grafit yang berfungsi sebagai sumber elektron dan tidak terserang korosi.

Anoda yang digunakan dalam sistem Impressed Current, harus mempunyai elektroda dengan potensial yang tinggi supaya dapat melindungi area yang luas dengan anoda yang kecil. Untuk mendapatkan hasil yang optimal pada lingkungan yang memiliki resistivitas rendah dapat digunakan anoda berjenis platinum atau mixed metal oxide , seperti yang diketahui bahwa platinum berada pada urutan dibawah emas dalam deret volta sebagai logam dengan potensial tinggi.

 

#2. Sacrificial Anode Cathodic Protection

Menggunakan konsep sel galvanik, yaitu menghubungkan dua logam yang berbeda potensial dengan penghubung konduktor serta berada di dalam media elektrolit, seperti seng yang terhubung pada baja.

Dengan mengorbankan logam yang memiliki potensial lebih negatif dari baja (Sebagai katoda) untuk diserang, electron akan melewatinya pada baja.

Cara ini dinamakan sebagai metode anoda korban, karena logam yang diserang adalah logam yang dikorbankan (Sebagai anoda) dengan tujuan untuk melindungi baja tersebut dari korosi.

Arus listrik bersumber dari terjadinya proses korosi pada sumber arus listrik (Anoda) yang berbahan dasar logam aktif contohnya seperti magnesium, seng dan alumunium yang mempunyai potensial yang lebih negatif daripada struktur logam yang akan dilindungi (Katoda) misalnya baja.

Perbedaan potensial elektron ini membuat daya tarik elektron bebas negatif yang lebih besar dari daya tarik ion-ion pada struktur logam yang akan dilindungi. Peristiwa ini mengakibatkan sumber arus listrik (Anoda) tersebut akan mengalami proses korosi dan kebalikannya struktur logam yang akan terlindungi korosi

 

Industrial Products & Services

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

 

JASA FABRIKASI SISTEM CONVEYOR

Jasa fabrikasi sistem conveyor terlengkap untuk berbagai kebutuhan Anda ;

 

  1. Kontraktor Engineering, Procurement and Construction (EPC)
  • Crusher Conveyor System
  • Mobile Crusher System
  • Barge Loading Conveyor System
  • Loading & Unloading Conveyor Conveyor System
  • Transfer Conveyor System
  • Weight Bridge System (Jembatan Timbang)
  • Cold/Hot Splicing Conveyor Belt (Jasa Penyambungan Conveyor Belt dengan Metode Dingin/Panas)
  • Drum Pulley Rubber Lagging Application (Jasa Pemasangan Rubber Lagging pada Drum Pulley)
  • Lainnya

 

2. Fabrikasi Item Conveyor

  • Hopper
  • Chain Feeder
  • Feeder Breaker
  • Vibrating Screen
  • Crusher & Teeth Crusher
  • Frame Conveyor
  • Lainnya

 

JUAL CONVEYOR SPAREPARTS

  1. Rubber Conveyor Belt
  2. PU & PVC Conveyor Belt
  3. Rubber Lagging, Skirt Rubber
  4. Adhesive Material (Lem untuk Penyambungan Conveyor Belt), Splicing Tool (Alat Penyambungan Conveyor Belt)
  5. Power Transmission (V Belt, Timing Belt, V Pulley)
  6. Heavy Duty Roller
  7. Drum Pulley
  8. Belt Cleaner

 

SPESIALIS ANTI KOROSI

  1. Petrolatum Tape
  2. Composite Wrapping for Jetty Piles
  3. Cathodic Protection
  4. Coating, Lining & Protection

 

JASA PERBAIKAN BETON

  1. Floor Coating, Roof Coating
  2. Concrete Repair
  3. Grouting

 

ONLINE LEAK SEALING

  1. Stop Leak & Metal Repair
  2. Water Shield

 


 

Tags :

Perlindungan korosi, jasa proteksi katodik, proteksi katodik, jasa cathodic protection, pengendalian korosi, anti korosi, penyebab korosi, jenis korosi, perbaikan korosi, korosi pipa, mencegah korosi, bahaya korosi

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!