JENIS-JENIS CONVEYOR UNTUK BERAGAM INDUSTRI

JENIS-JENIS CONVEYOR UNTUK BERAGAM INDUSTRI

Sistem conveyor kini merupakan suatu sistem yang tidak dapat dilepaskan dari kegiatan industri. Ada banyak jenis-jenis conveyor yang digunakan dalam melakukan proses pemindahan material, memiliki jenis yang berbeda-beda sehingga kita perlu mengenal tujuan dan jenis material yang akan dipindahkan.

Walaupun banyak jenis conveyor sistem, namun pada umumnya semuanya membutuhkan frame yang berfungsi untuk mensupport. Baik itu roller, roda, ataupun belt yang akan digunakan untuk proses pendistribusian barang dari satu lokasi ke tempat lainnya.

Proses pemindahan material terbut juga dapat dilakukan dengan bantuan tenaga mesin berupa motor, maupun menggunakan gravitasi, bahkan secara manual. Namun pada intinya, keunggulan sistem conveyor yang meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam segala kegiatan industri merupakan hal yang sangat dibutuhkan para pengusaha.

 

SUPPLIER CONVEYOR BELT MURAH

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA COATING
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

JENIS-JENIS CONVEYOR

 

#1. JENIS BELT CONVEYOR

Jenis Belt Conveyor ini memiliki sabuk yang berfungsi untuk menahan benda-benda padat saat diangkut, dan cocok untuk mentransfer material secara mendatar, serta dapat mengangkut barang secara miring dengan sudut maksimum sampai dengan 18 derajat.

Biasanya belt conveyor digunakan untuk mengangkut barang-barang dari industri pertambangan, metalurgi, serta batu bara.

Belt conveyor mentransfer barang melalui putaran dari mesin motor penggeraknya, yang dapat memberikan kecepatan yang bervariasi atau kecepatan konstan, sesuai dengan kebutuhannya.

Komponen penggerak tersebut terhubung dengan drum yang disebut pulley. Pulley ini diselubungi oleh sabuk yang lebar dan panjang disesuaikan dengan kapasitas dan jarak angkut barang.

Biasanya salah satu atau seluruh dari pulley drum conveyor memiliki roll di bagian bawahnya. Bagian conveyor belt umumnya dibantu dengan menggunakan sebuah penyangga berupa idler heavy duty roller conveyor untuk membantu dalam membawa beban ketika belt conveyor sedang berjalan memindahkan material.

 

#2. JENIS ROLLER CONVEYOR

Jenis Roller Conveyor mempunyai roller sebagai alat untuk mengangkut barang. Roller conveyor menggunakan roller dengan posisi paralel yang terpasang pada sebuah frame untuk dapat memindahkan material yang dibutuhkan.

Sedangkan model frame dari roller conveyor bisa hanya lurus atau berbelok tergantung dari kebutuhan dan luas area yang ada.

Sistem pengoperasian roller conveyor itu sendiri menggunakan mesin motor, gaya gravitasi bumi, maupun secara manual (ditarik atau didorong).

Sistem roller conveyor dibuat dengan desain khusus agar sesuai dengan barang yang akan diangkut misalnya seperti barang yang berbahan logam, karet, dan lainnya.

 

#3. JENIS CHAIN CONVEYOR

Jenis Chain Conveyor memiliki komponen rantai yang tersusun dan terhubung, yang berfungsi untuk melakukan tarikan dari unit penggerak sehingga dapat membawa beberapa produk sekaligus dalam satu rangkaian.

Jenis-jenis conveyor chain antara lain yaitu :

  • Scraper conveyor, jenis chain conveyor yang mampu beroperasi sampai kemiringan 45 derajat, dengan maksimum kecepatan 150 ft/m, dan  kapasitas angkutnya 360 ton perjam.
  • Apron conveyor biasanya digunakan untuk mengangkut bahan yang besar, kasar, atau berminyak. Mesin ini mampu beroperasi sampai kemiringan 25 derajat, kapasitas angkut sampai 100 ton/ per jam, dan maksimum kecepatan 100 ft/m.
  • Bucket conveyor memiliki buket yang terbuat dari baja dan digerakkan oleh rantai. Material handling ini mampu membawa barang dengan kapasitas 100 ton/ jam dengan maksimum kecepatan 100 ft/m. Jenis conveyor yang satu ini cocok untuk tempat dengan kemiringan yang curam.

 

#4. JENIS SCREW CONVEYOR

Screw conveyor memiliki nama lain yaitu spiral conveyor. Jenis-jenis conveyor ini menggunakan elemen spiral/berulir yang akan berputar pada porosnya dan memindahkan material sesuai dengan desain spiral dan arah putarannya.

Mesin ini merupakan jenis conveyor yang paling cocok untuk mentransfer bahan baku padat ataupun bubuk (powder).

Pada industri pengolahan makanan sering menggunakan screw conveyor untuk memindahkan seperti biji-bijian, tepung, dan material lainnya.

Berbeda pada industri agrikultur yang menggunakan screw pada alat-alat pertanian seperti threshers dan balers untuk membantu pekerjaannya.

Sedangkan pada industri pertambangan atau pengolahan batuan mineral, mereka menggunakan conveyor ini untuk memindahkan material-material yang basah yang susah untuk dipindahkan.

 

#5. JENIS VIBRATING CONVEYOR

Jenis Vibrating Conveyor menggunakan getaran untuk memindahkan material pada alas permukaan sistemnya. Beberapa jenis material yang dapat kita pindahkan dengan conveyor ini diantara lain adalah material-material dalam kuantitas besar seperti aggregate, batu bara, kerikil, dan sebagainya.

 


 

Industrial Products & Services

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

 

JASA PEMBUATAN CONVEYOR SYSTEM

Jasa fabrikasi sistem conveyor terlengkap untuk berbagai kebutuhan Anda ;

Kontraktor Engineering, Procurement and Construction (EPC)

  • Crusher Conveyor System
  • Mobile Crusher System
  • Barge Loading Conveyor System
  • Loading & Unloading Conveyor Conveyor System
  • Transfer Conveyor System
  • Weight Bridge System (Jembatan Timbang)
  • Cold/Hot Splicing Conveyor Belt (Jasa Penyambungan Conveyor Belt dengan Metode Dingin/Panas)
  • Drum Pulley Rubber Lagging Application (Jasa Pemasangan Rubber Lagging pada Drum Pulley)
  • Lainnya

Fabrikasi Item Conveyor

  • Hopper
  • Chain Feeder
  • Feeder Breaker
  • Vibrating Screen
  • Crusher & Teeth Crusher
  • Frame Conveyor
  • Lainnya

 

JUAL CONVEYOR SPAREPARTS

  1. Rubber Conveyor Belt
  2. PU & PVC Conveyor Belt
  3. Rubber Lagging, Skirt Rubber
  4. Adhesive Material (Lem untuk Penyambungan Conveyor Belt), Splicing Tool (Alat Penyambungan Conveyor Belt)
  5. Power Transmission (V Belt, Timing Belt, V Pulley)
  6. Heavy Duty Roller
  7. Drum Pulley
  8. Belt Cleaner

 

SPESIALIS ANTI KOROSI

  1. Petrolatum Tape
  2. Composite Wrapping for Jetty Piles
  3. Cathodic Protection
  4. Coating, Lining & Protection

 

JASA PERBAIKAN BETON DAN LANTAI

  1. Floor Coating, Roof Coating
  2. Concrete Repair
  3. Grouting

 

SOLUSI KEBOCORAN LOGAM DAN ATAP

  1. Stop Leak & Metal Repair
  2. Water Shield

 

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!