JENIS KOROSI DAN CARA MENCEGAH DAN MEMPERBAIKINYA

JENIS KOROSI DAN CARA MENCEGAH DAN MEMPERBAIKINYA

RSM – Korosi merupakan momok menakutkan yang tidak dapat dihindari oleh permukaan atau benda-benda berbahan dasar besi maupun logam. Dengan mengetahui jenis korosi, kita dapat mencegah dan memperbaikinya dengan cara yang tepat.

Korosi merupakan kerusakan atau degradasi suatu material akibat reaksi antara suatu material dengan berbagai zat yang ada di lingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak diinginkan.

Pada umumnya, korosi juga biasa disebut dengan perkaratan. Contoh korosi yang paling lazim dan sering ditemukan ialah perkaratan pada besi. Korosi sendiri tidak hanya terjadi pada logam, tapi non logam juga dapat mengalami korosi yang dapat digolongkan sebagai korosi non logam.

 

JENIS KOROSI

Tipe korosi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis korosi dan tipe-tipe tersebut antara lain :

 

  1. Korosi Galvanis (Galvanic Corrosion)

Merupakan korosi yang terjadi karena terdapat hubungan antara dua logam yang berada dalam suatu elektrolit yang disambung dengan sebuah konduktor, dimana terdapat perbedaan potensial antara keduanya.

 

  1. Korosi Tegangan-Retak (Stress Corrosion Cracking)

Merupakan korosi yang berbentuk retak-retakan, terbentuk pada permukaan logam dan menjalar ke dalam. Korosi ini banyak terjadi pada logam-logam yang banyak mendapat tekanan. Penyebabnya adalah kombinasi dari tegangan tarik dengan lingkungan yang korosif sehingga membuat kondisi struktur logam menjadi lemah.

 

  1. Korosi Erosi (Errosion Corrosion)

Merupakan korosi yang terjadi akibat tercegahnya pembentukan film/lapisan luar pelindung struktur yang disebabkan oleh kecepatan alir fluida yang tinggi, contohnya yang terjadi pada elbow pipa penyalur fluida, karena kecepatan fluida yang membentur lekukan pipa secara kontinu maka terjadilah pengikisan.

 

  1. Selective Leaching

Korosi ini terkait dengan terlepasnya satu elemen dari Campuran logam. Contohnya adalah desinfication yang melepaskan zinc dari paduan tembaga ataupun paduan kuningan.

 

  1. Korosi Seragam (Uniform Corrosion)

Merupakan korosi yang terjadi pada permukaan struktur logam yang berbentuk pengikisan permukaan logam secara menyeluruh dan merata sehingga menyebabkan ketebalan logam berkurang. Adapun biasanya terjadi pada peralatanperalatan atau struktur logam di tempat terbuka dan lembab. Contohnya permukaan luar pipa baja.

 

  1. Korosi Celah (Crevice Corrosion)

Merupakan korosi yang terjadi di sela-sela suatu struktur, sambungan suatu struktur yang posisinya bertindih, sekrup-sekrup dan paku keling yang terbentuk oleh kotoran-kotoran yang mengendap diantara celah tersebut.

 

  1. Pitting Corrosion

Merupakan korosi yang berbentuk lubang-lubang di permukaan logam karena hancurnya film (lapisan luar) dari proteksi logam yang disebabkan oleh laju korosi yang berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lainnya pada permukaan sebuah strukur logam.

 

PENCEGAHAN KOROSI

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

PENGENDALIAN KOROSI

RSM juga memberikan Perlindungan Korosi dengan berbagai layanan lainnya, yaitu :

  • Proteksi Anodik
  • Proteksi Katodik
  • Zinc Anode
  • Magnesium Anode
  • Aluminium Anode
  • TAM Composite Wrapping
  • HDPE Jacketing
  • Cat Anti Karat / Protective Coating
  • TAM Petrolatum Tape
  • FRP Lining Protection

 


Tags :

Korosi, perbaikan pipa, pipa bocor, online leak sealing, OLS, tambal pipa besi, coating lining, lining pipa, pipa minyak, pipa gas, valve bocor

 

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!