Jual Jenis Conveyor Belt Sesuai Grade dan Kegunaannya

Jual Jenis Conveyor Belt Sesuai Grade dan Kegunaannya

Jika Anda mencari supplier conveyor yang men Jual Jenis Conveyor Belt sesuai grade dan kegunaannya, maka RSM adalah solusi yang tepat.

 

JUAL CONVEYOR BELT

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

JUAL AKSESORIS CONVEYOR

Selain men Jual Conveyor Belt, sebagai All In One Solution untuk segala kebutuhan conveyor Anda, RSM menyediakan berbagai macam aksesoris / spareparts conveyor, seperti berikut :

  1. Jual Rubber Conveyor Belt Bando
  2. Jual PU Conveyor Belt
  3. Jual PVC Conveyor Belt
  4. Jual Rubber Lagging
  5. Jual Skirt Rubber
  6. Jual Lem Conveyor
  7. Jual Splicing Tool (Alat Penyambung Conveyor)
  8. Jual Power Transmission
  9. Jual Roller Conveyor
  10. Jual Drum Pulley
  11. Jual Belt Cleaner / Belt Scraper
  12. Jual Quarry Conveyor Belt
  13. Jual Rubber Fender

 

Sekilas dilihat, semua jenis conveyor belt tampak sama. Sistem ini mengedepankan fungsi susunan komponen yang dilapisi material tertentu untuk mengantarkan muatan baik itu unit maupun bulk dari satu titik ke titik lain. Sistem conveyor belt disokong oleh sata atau dua pasang pulley di masing-masing sisi rangkaian yang terus menarik belt agar berjalan secara kontinyu.

Meski demikian, sebenarnya ada banyak jenis conveyor belt. Bentuk dan materialnya menyesuaikan dengan kebutuhan unit akan ditransfer. Apa saja jenis conveyor belt ini dan apa kegunaan spesifik masing-masingnya?

 

Mengapa Menggunakan Conveyor Belt?

Dahulu, untuk menyalurkan barang dari satu tempat ke tempat lain orang menggunakan beragam metode. Mulai dari katrol sederhana, kendaraan, troli, atau bahkan tenaga manual berupa manusia.

Kesemuanya itu dinilai tidak efektif dan efisien lagi untuk memenuhi kebutuhan industri yang semakin meningkat. Maka, mulailah digunakan conveyor belt untuk mempercepat alur produksi. Selain itu, penggunaan conveyor belt juga dinilai lebih resik dan irit limbah karena gampang dibersihkan. Memang cost yang harus dikeluarkan saat awal perancangan terasa lumayan, tapi manfaatnya sangat terasa untuk jangka panjang.

Belum lagi, pihak penyedia jasa pemasangan conveyor belt masa kini banyak yang memberikan garansi jangka panjang untuk pemeliharaan rangkaian ini. Sehingga Anda siklus maintenance yang terjadwal dan terukur untuk dimasukkan ke jadwal tahunan pabrik Anda.

 

Jenis Conveyor Belt

Jenis Conveyor Belt

Jenis conveyor belt yang ada di pasaran saat ini dikategorisasikan dengan huruf dari A hingga Z. Ada tujuh jenis conveyor belt yang dikategorisasikan sesuai kebutuhan.

Yang perlu diingat, nama grade tidak mengindikasikan bahwa jenis tersebut lebih baik ketimbang yang lain; misalnya A dianggap lebih baik dari F. Sistem penamaan ini tidak bersifat hierarkhis, dan lebih menitikberatkan ke fungsi dan bahannya di rangkaian conveyor.

 

#1. Conveyor Belt GRADE A

A dalam sistem penamaan ini mengacu pada Abrasi. Sesuai namanya, jenis conveyor Grade A digunakan ketika material yang ditransportasikan sangat kasar dan abrasif yang menyebabkan karet terlalu cepat aus. Bukan hanya itu, sistem pembersihan konveyor yang spesifik dan cenderung menggunakan peralatan kasar seperti seperti brush, scraper, dan/atau conveyor skirting, juga bisa memperpendek umur conveyor belt.

Karena itu, untuk jenis muatan yang demikian heavy duty dibutuhkan karet conveyor Grade A. Memang harga belt karet Grade A lebih mahal daripada grade general purpose, tetapi biaya pelepasan dan pemasangan belt pengganti seringkali lebih mahal. Jenis Conveyor Grade A ini sempurna untuk industri yang keras, misalnya bijih besi.

 

#2. Conveyor Belt GRADE E

Ada jenis-jenis muatan tertentu yang mengandung potensi elektris. Maka sesuai namanya, jenis conveyor belt Grade E sangat cocok untuk muatan yang memiliki potensi penghantar listrik stati selama proses pengangkutan material.

Ini penting karena bahan-bahan yang berpotensi meledak seperti gas, cairan, bubuk, dan debu karena risiko ledakan bisa sangat berbahaya dan mematikan jika asal menggunakan jenis conveyor belt serbaguna. Penggunaan umum karet belt Grade E ini misalnya paling prevalen di kilang aluminium, yang kelebihan elektronnya  berpotensi memicu listrik statis menumpuk. Conveyor belt konduksi listrik statis digunakan untuk menyerap kelebihan elektron dan melepaskannya dengan aman.

 

#3. Conveyor Belt GRADE F

Grade F mengindikasikan jenis belt conveyor yang khusus untuk menghantarkan benda-benda yang panas atau  terbakar (flammable). Maka, jenis belt grade F juga kerap disebut belt anti api. Biasanya, tipe ini banyak digunakan saat mengangkut material yang dipanaskan. Karet memiliki sifat alami yang dapat menyala dan terbakar. Karet belt Grade F memiliki properti tambahan yang meningkatkan suhu penyalaan dan meningkatkan ketahanannya terhadap api.

Belt tahan api membantu mengurangi risiko proses panas yang menyebabkan conveyor belt terbakar. Maka, jenis belt conveyor Grade F ini pas untuk area pertambangan yang letaknya di bawah tanah. Sekadar Anda tahu, reaksi oksidasi dan api biasanya rentan membuat belt karet biasa rentan terbakar yang berarti membahayakan baik muatan maupun operator. Maka, conveyor Belt Grade F ini termasuk ke dalam SOP perusahaan yang bergerak di sektor tersebut.

 

#4. Conveyor Belt GRADE M & N

Grade M & N mengacu pada jenis conveyor belt yang digunakan untuk semua kepentingan. Maka, jenis ini juga sering disebut general purpose belt conveyor alias jenis conveyor belt serba guna. Inilah jenis umum yang paling banyak direkomendasikan untuk industri general yang tidak memerlukan belt berspesifikasi tertentu.

Grade M dan N sama-sama terbuat dari karet, dengan tipe M didapuk lebih kuat, lebih tebal, lebih tahan abrasi. Ini karena jenis karet yang digunakan untuk belt conveyor tipe M lebih bagus ketimbang N. Anda selaku pelaku usaha hanya tinggal menentukan mana yang dirasa paling pas untuk industri Anda, dengan bantuan konsultasi bersama pihak penyedia jasa.

 

#5. Conveyor Belt GRADE S

Pada praktiknya di lapangan, ada jenis industri yang membutuhkan material belt yang bisa mencegah listrik statis sekaligus tahan api. Misalnya perangkat elektronik. Untuk itu, dihadirkanlah jenis conveyor belt kombinasi E dan F, yang lantas disebut Grade S.

 

#6. Conveyor Belt GRADE Z

Belt Grade Z dihadirkan untuk jenis custom yang tidak bisa dikategorikan dengan kategori lainnya. Biasanya, ini karena tuntutan industri tertentu yang sifatnya unik. Material bahannya bisa jadi dari logam atau karet tertentu, atau memiliki tekstur serta spesifikasi tidak umum lainnya.

 

#7. Conveyor Belt GRADE Gabungan

Jenis Conveyor Belt Grade Gabungan diadakan untuk memfasilitasi tipe industri yang membutuhkan dua karakteristik atau lebih, tapi juga tidak cukup umum untuk dijual bebas di pasaran. Kategori ini lazimnya adalah buatan modifikasi dari pihak penyedia jasa.

 

Kesimpulan

Meski sekilas terlihat sama, tidak semua jenis conveyor belt bisa Anda gunakan untuk segala kepentingan. Untuk industri kecil biasa yang mungkin tidak perlu spesifikasi khusus mungkin belt Grade M & N sudah cukup mumpuni. Tapi selebihnya, Anda harus hati-hati dalam memilih.

Supaya tidak salah pasang, ada baiknya Anda menjalin komunikasi dan berkonsultasi dengan pihak kontraktor pemasangan rangkaian conveyor sekaligus penjual sparepart yang terpercaya seperti PT. Ranadityo Sukses Makmur. Kepuasan Anda adalah kebahagiaan kami.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!