Jual Lagging Pulley Drum – Cara Memilih yang Tepat

Jual Lagging Pulley Drum – Cara Memilih yang Tepat

Lagging pulley drum adalah salah satu komponen yang terpenting dalam rangkaian conveyor system. Tak heran, bentuknya pun besar dan mencolok. Bahannya pun ada banyak jenisnya; mulai dari karet, keramik, polos, bahkan bergaris-garis atau memiliki pola zigzag. RSM adalah supplier spareparts conveyor yang juga men Jual Lagging Pulley Drum.

Anda yang berniat memasang conveyor system untuk industri, atau mencari ganti pulley drum yang sudah rusak bagi rangkaian Anda di tempat jual lagging pulley drum, wajib membaca penjelasan kali ini agar tidak salah beli.

 

SUPPLIER CONVEYOR BELT MURAH

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

JUAL AKSESORIS CONVEYOR

Selain men Jual Lagging pulley drum, sebagai All In One Solution untuk segala kebutuhan conveyor Anda, RSM menyediakan berbagai macam aksesoris / spareparts conveyor, sepert berikut :

  1. Jual Rubber Conveyor Belt Bando
  2. Jual PU Conveyor Belt
  3. Jual PVC Conveyor Belt
  4. Jual Rubber Lagging
  5. Jual Skirt Rubber
  6. Jual Lem Conveyor
  7. Jual Splicing Tool (Alat Penyambung Conveyor)
  8. Jual Power Transmission
  9. Jual Roller Conveyor
  10. Jual Drum Pulley
  11. Jual Belt Cleaner / Belt Scraper
  12. Jual Quarry Conveyor Belt
  13. Jual Rubber Fender

 

 

Jual Lagging Pulley Drum

Sederhananya, lagging pulley drum adalah lapisan pulley drum dengan bahan yang sama dengan conveyor belt dan menempel di rangka pulley drum. Funsginya secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Melindungi rangka pulley drum dari kerusakan baik karena guncangan internal maupun benturan eksternal
  2. Meningkatkan daya cengkeram belt conveyor agar muatan yang melewatinya dapat ditransfer dengan baik
  3. Dapat mengalirkan air yang mengalir pada pulley drum jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Sebab itulah, lagging pulley drum sangat penting dan patut dirawat dengan baik. Memilihnya pun tidak bisa sembarangan agar tetap selaras dengan keseluruhan rangkaian conveyor. Instalasi laggiing pulley drum yang tidak sesuai bisa berakibat system error atau rangkaian mesin tidak berjalan maksimal. Paling parahnya, ini juga bisa mengakibatkan kerusakan pelan-pelan dalam jangka panjang.

 

Jenis Lagging Pulley Drum

Untuk mengakomodasi kebutuhan dan karakteristik bermacam-macam rangkaian conveyor di pasaran, tentunya juga ada banyak jenis lagging pulley drum. Kurang-lebihnya akan kami jelaskan di bawah ini.

Sebelum membahas tentang lagging, perlu untuk mengenali apa itu pulley drum. Ada dua jenis pulley drum yaitu drive pulley drum dan non drive pulley drum.

Drive pulley adalah pulley drum yang memiliki fungsi menggerakkan belt conveyor pada rangkaian sistem belt conveyor secara langsung. Sementara, non drive pulley drum sekadar membantu drive pulley tadi agar bekerja maksimal.

Meskipun berada pada satu sistem belt conveyor yang sama, keduanya bisa dipasangi lagging pulley drum yang berbeda. Tinggal menyesuaikan dengan rangka conveyor systemnya.

 

  1. Lagging Karet

 

Lagging karet memberikan perlindungan prima pada rangka pulley drum serta bisa meningkatkan daya cengkeram belt conveyor. Tak hanya itu, sifat materialnya yang halus dan elastis dapat memberikan daya tarik yang baik sekaligus tidak gampang aus.

Kelebihan lainnya dari lagging karet adalah harganya paling terjangkau dibanding jenis lain bila dibandingkan di tempat jual lagging pulley drum.

Jika diperhatikan, di pasaran tempat jual lagging pulley drum ada lagging karet polos dan lagging karet beralur. Rupanya, motif ini bukanlah hiasan belaka.

Lagging karet polos sangat ideal untuk non drive puller drum. Pasalnya, daya tariknya dinilai pas dan tidak ada urgensi untuk meningkatkan tingkat gesekan. Sementara itu, alur yang ada pada lagging karet beralur memberikan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan lagging karet polos.

Adanya celah-celah yang ada pada lagging karet beralur memberikan lagging karet jenis ini dapat menekuk dan bergerak mengikuti pergerakan dari belt conveyor. Sifatnya anti selip, sehingga sangat diunggulkan untuk drive puller drum oleh rekomendasi tempat jual lagging pulley drum manapun.

 

  1. Lagging Keramik

 

Dibanding karet, jenis lagging yang satu ini lebih keras dan tahan lama. Karenanya, lagging pulley drum keramik cukup diunggulkan untuk kondisi lingkungan kerja yang keras dan abrasif.

Cocok untuk rangkaian conveyor yang memuat pasir, batu, campuran kimia, dan bahan-bahan abrasif lain. Lagging keramik  ini  biasanya oleh para jual lagging pulley drum dikategorikan  menjadi dua jenis, yaitu lagging keramik halus dan lagging keramik cekung. Kedua jenis lagging keramik tersebut mampu meningkatkan gaya gesekan, cengkraman, dan mengurangi kemungkinan belt conveyor selip paling besar.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk lagging keramik lebih besar dibandingkan lagging karet. Walaupun demikian, lagging keramik biasanya akan memiliki umur yang lebih lama dan tidak cepat rusak.

Lagging keramik ideal untuk drive pulley karena gaya gesekan dan cengkraman yang diberikan mampu membantu pulley drum untuk menggerakan belt conveyor. Mengenai tekstur, biasanya para penyedia jual lagging pulley drum akan merekomendasikan  keramik halus untuk non drive pulley drum. Sedangkan lagging keramik cekung dapat digunakan untuk keduanya. Kadang, material ini juga dikombinasikan dengan elastisitas lagging karet agar tidak cepat retak.

 

  1. Lagging Pulley Plastik, PU, dst.

 

Walaupun tidak seumum lagging karet dan lagging keramik, ada beberapa bahan lain yang mulai populer untuk bahan lagging. Misalnya plastik dan polyurethane.

Lagging polyurethane cenderung lebih mahal dan sangat susah dilepas untuk dapat diperbaiki. Sebab itu, lagging polyurethane biasanya hanya akan digunakan jika lagging karet dan lagging keramik memang tidak dapat digunakan. Peruntukannya pun biasanya khusus produk-produk istimewa yang dapat rusak atau berkurang konsistensinya bila menggunakan bahan lainnya.

 

Apa jadinya jika Pulley Drum tanpa Lagging?

Mengetahui harga komponen satu ini di tempat jual lagging pulley drum, Anda mungkin bertanya-tanya: dapatkah menjalankan pulley drum tanpa diberi lagging?

Pulley drum tanpa lagging, sayangnya, memberikan daya gesekan paling rendah karena belt conveyor akan bersentuhan dengan rangka pulley drum secara langsung. Kerugiannya,pulley drum tidak akan memiliki perlindungan dan pada akhirnya akan mengharuskan kita untuk mengganti rangka dari pulley drum itu sendiri bila sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

 

Tips Memilih Lagging Pulley Drum

Seyogyanya, tempat jual lagging pulley drum yang bertanggung jawab akan membantu Anda memilihkan lagging pulley drum yang pas sesuai kebutuhan. Akan tetapi sebagai kustomer pintar, ada baiknya Anda mengenal gambaran dasar cara memilih lagging pulley drum agar tepat dan tidak salah pilih.

Apa saja guideline memilih lagging pulley drum?

 

  1. Tingkat Abrasi Muatan

Bahan lagging pulley drum yang dibutuhkan erat kaitannya dengan material belt conveyor yang bersangkutan. Dan seperti yang kita tahu, material belt conveyor juga menyesuaikan dengan seberapa abrasif muatan yang ditransfer di rangkaian conveyor belt tersebut.

Sebagai contoh, muatan batu agregat yang dihancurkan dengan mesin stone crusher jelas butuh belt yang berbahan kuat. Sehingga, lagging pulley drumnya pun menyesuaikan. Treatment-nya jelas berbeda dengan jika, misalnya, produk yang akan Anda salurkan adalah parutan kelapa atau kue kering.

 

  1. Kondisi Lingkungan Kerja

Di atas kita sudah menyebut bahwa lagging pulley drum berbahan keramik banyak diminati untuk medan kerja yang keras. Hal ini karena kondisi lingkungan kerja sangatlah menentukan material lagging pulley drum yang ideal.

Apakah dingin? Apakah kering? Bahan keramik atau polyitherane misalnya, cenderung menyerap suhu dingin sehingga dikhawatirkan jika digunakan di tempat bersuhu tinggi, maka akan mengganggu kualitas produk yang disalurkan. Belum termasuk keamanannya bagi pihak operator. Selain itu, waspadai juga kemungkinan reaksi dengan bahan kimia yang dihantarkan.

 

  1. Jenis dan Kecepatan Belt Conveyor

Jika ingin mengganti salah satu dari komponen sistem belt conveyor, Anda perlu memikirkan efeknya terhadap komponen belt conveyor lainnya. Rangkaian belt conveyor memang bekerja sebagai satu kesatuan sistem, jadi Anda tidak bisa seenaknya mengganti tanpa riset terlebih dahulu.

Tingkat kecepatan belt conveyor yang digunakan sangat berdampak terhadap lagging pulley drum. Meski tidak harus memiliki bahan yang seragam, tapi perlu ditelisik apakah ketika terjadi gesekan ada kohesi yang rentan membahayakan baik produk, keseluruhan sistem, bahkan operator. Tempat jual lagging pulley drum yang tepercaya biasanya akan membantu Anda menengarai permasalahan ini.

 

  1. Tipe Pull Drum Conveyor Anda

Faktor yang juga menentukan apakah bahan lagging pulley Anda cocok adalah, akan digunakan untuk drive pulley atau non drive pulley? Dan ini erat kaitannya dengan daya cengkram.

Tingkat cengkraman sangat vital untuk drive pulley dibandingkan non drive pulley. Maka dari itu, bahannya biasanya keramik, atau kombinasi keramik dan karet supaya daya cengkeramnya pada belt cukup kuat dan tidak menggoyang rangka.

Sebaliknya, non drive pulley tidak memiliki membutuhkan tingkat cengkraman setinggi tipe drive pulley. Maka dari itu, bahan yang digunakan pun lebih luas ragam jenisnya.

Jadi, sudah tahu ‘kan apa yang sebaiknya Anda cari di tempat jual lagging pulley drum untuk menunjang conveyor belt system Anda?

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!