Jual PU Conveyor dan PVC Conveyor – Fabrikasi Sistem Conveyor

Jual PU Conveyor dan PVC Conveyor – Fabrikasi Sistem Conveyor

Ketika dihadapkan pada persoalan memilih belt untuk rangkaian conveyor system sederhana, seringkali yang diunggulkan adalah antara PU dan PVC Conveyor. Keduanya sama-sama vital dan memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Tapi sebenarnya antara PU dan PVC Conveyor, mana yang paling pas dengan kebutuhan Anda?

Team CS penyedia jasa conveyor system yang cakap akan sedia menjawab pertanyaan Anda mengenai hal ini. Tapi sebelum itu, ada baiknya berkenalan sendiri tentang plus dan minus keduanya dan belajar mengenali mana yang paling pas untuk memuat produk dan mendongkrak efektivitas kinerja bisnis.

 

SUPPLIER CONVEYOR BELT MURAH

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

JUAL AKSESORIS CONVEYOR

Selain men Jual PU Conveyor, sebagai All In One Solution untuk segala kebutuhan conveyor Anda, RSM menyediakan berbagai macam aksesoris / spareparts conveyor, sepert berikut :

  1. Jual Rubber Conveyor Belt Bando
  2. Jual PU Conveyor Belt
  3. Jual PVC Conveyor Belt
  4. Jual Rubber Lagging
  5. Jual Skirt Rubber
  6. Jual Lem Conveyor
  7. Jual Splicing Tool (Alat Penyambung Conveyor)
  8. Jual Power Transmission
  9. Jual Roller Conveyor
  10. Jual Drum Pulley
  11. Jual Belt Cleaner / Belt Scraper
  12. Jual Quarry Conveyor Belt
  13. Jual Rubber Fender

 

 

Apa itu Conveyor Belt?

Dalam sebuah rangkaian conveyor system, ada yang jenisnya berupa rangkaian bidang datar yang ditarik pulley dan bersifat menghantarkan muatan dari satu titik ke yang lain. Rangkaian ini disebut dengan conveyor belt.

Sistemnya sederhana: bidang datar yang disangga oleh idler itu dihubungkan oleh tuas-tuas kerangka penyangga yang saling terhubung oleh silinder-silinder pulley yang terus berputar demi menggerakkan jalannya muatan. Nah, bidang datar ini disebut dengan belt.

Bahan untuk belt bisa bervariasi tergantung pada jenis muatan pabrik. Ada baja, stainless, karet, keramik, dan terakhir yang menjadi fokus bahasan kita kali ini: PU dan PVC.

 

Gambaran Umum PU dan PVC Conveyor

Oleh mata awam, conveyor belt yang terbuat dari PU dan PVC sekilas terlihat sama. Sebab sifatnya tampak elastik, mengilap, sama-sama mengantarkan produk, dan berupa lempeng-lempeng gulung sebelum dipasang.

Namun sebenarnya, keduanya adalah bahan yang sangat berbeda dan memiliki peruntukan yang spesifik pula.

 

Jual PU Conveyor

Anda mungkin sudah kenal dengan istilah polyurethane yang sering disingkat PU. Juga disebut poliuretan dalam bahasa lokal, zat satu ini akrab ada di semua sektor industri untuk bahan pelapis sintetis baik itu dalam pembuatan sepatu, baju, kemasan produk, bahkan furnitur.

Dalam kancah conveyer belt, PU juga punya fungsinya sendiri. Kain sabuk conveyor yang sejatinya terbuat dari composite polyester ini kemudian diberi lapisan poliuretan di kedua sisi permukaan. Tujuannya adalah agar memiliki kekuatan tarik yang memadai, bisa melilit dengan ligat, ringan saat digulung atau digunakan, dan bisa menahan rembesan minyak.

Akibatnya, jadilah conveyer belt yang enak dipakai dan pastinya tahan untuk menghantarkan bahan-bahan makanan atau obat-obatan yang terkenal lengket.

PU adalah salah satu jenis material yang disetujui sebagai penghantar makanan oleh Federasi Makanan dan Obat-Obatan sedunia. Tingkat ketebalan sabuk alias conveyer belt dari PU ini beragam, mulai dari 0.8 sampai 4.0 mm.

Selain tahan rembesan dan elastis, conveyer belt poliuretan ini juga memiliki ketahanan abrasi yang memadai dan termasuk tahan lama.

 

PVC Conveyor Belt

 

Beda lagi dengan PVC Conveyor Belt. Tak kalah prevalen dan banyak dicari, conveyor bet PVC (polyvinyl chloride) adalah semacam conveyor belt karet yang dicampur serat polyester dan PVC. Jenis yang ini tahan suhu muatan dari 10 derajat celsius hingga 80.

Diakui internasional, jenis conveyor belt PVC memiliki stabilitas lateral yang baik dan pas untuk transmisi produk muatan di medan-medan yang rumit atau bersuhu ekstrim. Warna yang ditawarkan pun lebih bermacam-macam ketimbang produk lainnya sehingga dapat dijadikan marking (penanda). Ketebalan produknya cenderung lebih tebal daripada PU, berkisar antara 0.8 mm hingga 11.5 mm.

Yang unik, conveyor belt PVC dalam pemasarannya berlapis-lapis sehingga Anda selaku konsumen bisa memilih PVC conveyor belt dua kain, lima kain, tujuh kain, tiga kain, dan seterusnya sesuai kebutuhan.  

Jenis PVC conveyor belt sangat populer di industri tembakau karena anti rembes tapi juga tidak menyerap bau. Selain itu, sektor obat-obatan, kemasan produk, kertas, biji timah, dan batuan alam juga lebih memfavoritkan jenis ini ketimbang PU Conveyor belt.

 

Mana yang Lebih baik Antara PU dan PVC Conveyor?

 

Jika sudah bicara mengenai material untuk conveyor system, semua pakar setuju tidak ada bahan yang lebih baik di antara lainnya. Anda bisa saja memilih conveyor belt dengan bahan keramik demi pertimbangan “yang lebih mahal pasti lebih bagus”, tapi cara kerjanya tidak seperti itu. Bila tidak pas dengan drum pulley atau lagging yang dimiliki, jadinya malah merugikan. Belum lagi jika produk Anda rupanya berkorespondensi negatif dengan bahan pilihan ini.

Dalam kasus PU dan PVC Conveyor, keduanya sama-sama memiliki keunggulan. Jenis makanan tumpah yang agak berminyak seperti misalnya ikan-ikanan dan sayur lebih pas diantarkan dengan susunan conveyor system yang beltnya terbuat dari poliuretan (PU). Alasannya, ada fasilitas anti rembes, tidak tembus bau maupun cahaya, dan juga mudah dibersihkan. Sehingga, potensi terjadi carryback bisa diminimalisir.

Sementara itu, PVC Conveyor pas untuk membawa material-material non-tumpah seperti makanan kalengan, rokok, produk logistik, kertas, perhiasan, minuman dalam kemasan, dan sejenisnya. Ketebalannya yang lebih pas dan tahan abrasi bisa menyokong kebutuhan-kebutuhan di atas. Selain itu, PVC conveyor juga relatif lebih tahan suhu dibanding PU conveyor.

Jadi sudah jelas kan mana yang sebaiknya Anda pilih untuk menyokong kemajuan bisnis Anda?

Untuk mendapatkan pengalaman belanja dan pemasangan conveyor belt terbaik, usahakan untuk selalu melakukan riset mendalam mengenai penyedia jasa conveyor belt yang Anda temukan. Jangan sampai hanya tertipu harga lalu memutuskan untuk checkout begitu saja. Pilihlah jasa agen dengan kantor dan portofolio yang memadai. Dan tentunya, memiliki segudang review yang positif.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!