JENIS BAHAN BELT CONVEYOR – JUAL RUBBER BELT CONVEYOR

JENIS BAHAN BELT CONVEYOR – JUAL RUBBER BELT CONVEYOR

Jika Anda mencari supplier conveyor yang men Jual Rubber Belt Conveyor, yaitu salah satu jenis bahan belt conveyor yang terbuat dari karet, maka RSM adalah solusinya.

JUAL BANDO RUBBER BELT

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

JUAL AKSESORIS CONVEYOR

Selain men Jual Rubber Belt Conveyor BANDO, sebagai All In One Solution untuk segala kebutuhan conveyor Anda, RSM menyediakan berbagai macam aksesoris / spareparts conveyor, seperti berikut :

  1. Jual Rubber Conveyor Belt Bando
  2. Jual PU Conveyor Belt
  3. Jual PVC Conveyor Belt
  4. Jual Rubber Lagging
  5. Jual Skirt Rubber
  6. Jual Lem Conveyor
  7. Jual Splicing Tool (Alat Penyambung Conveyor)
  8. Jual Power Transmission
  9. Jual Roller Conveyor
  10. Jual Drum Pulley
  11. Jual Belt Cleaner / Belt Scraper
  12. Jual Quarry Conveyor Belt
  13. Jual Rubber Fender

 

JUAL RUBBER BELT CONVEYOR

Sejak penemuannya pada tahun 1800an, rangkaian conveyor telah banyak membantu perkembangan industri. Salah satu jenis rangkaian conveyor paling tua dan paling banyak digunakan adalah belt conveyor. Pasalnya, jenis conveyor system satu ini bisa disesuaikan untuk mengangkut beragam muatan dengan macam-macam tipe unit load maupun bulk load.

Panjangnya pun cukup bervariasi. Baik itu untuk kebutuhan industri kecil yang hanya putaran 3 meter hingga rekor conveyor belt terpanjang di Pertambangan Bou Craa di Western Sahara yang panjangnya mencapai 98 KM dan terbagi menjadi 11 bagian. Sejak pembangunannya di 1973 hingga sekarang, conveyor belt tersebut masih beroperasi dengan baik.

Memiliki conveyor belt yang bagus dan awet tentu erat kaitannya dengan komitmen untuk mendapatkan komponen conveyor system yang berkualitas prima, termasuk menemukan bahan belt dan tempat jual rubber belt conveyor terbaik.

Karakteristik Conveyor Belt

Tempat jual rubber belt conveyor yang bagus semakin dicari seiring kemajuan industri di Indonesia. Dewasa ini, permintaan akan tenaga angkut manual seperti kuli panggul atau truk semakin menurun karena dirasa tidak efektif. Selain ada cost failure yang kerap sulit diperhitungkan, tingkat kecepatannya juga kalah jauh dengan rangkaian conveyor.  Maka dari itulah sistem otomasi ini semakin dipilih.

Tapi bukan hanya itu. Ditengarai, conveyor belt juga punya beberapa keistimewaan lain seperti:

#1 Posisi yang Fleksibel

Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, belt conveyor bisa ditambahkan saddle baik di bagian ujung maupun conveyor. Akibatnya, conveyor belt bisa difungsikan baik secara horizontal maupun diagonal. Ini penting untuk mengakali alur transfer muatan yang kadang butuh berubah arah karena beberapa alasan.

#2 Kapasitas Muatan yang Customizable

Sebuah conveyor belt idealnya bisa membawa muatan dengan ukuran dan bobot yang beragam. Supaya tidak tercecer ke mana-mana, biasanya di sisi kanan dan kiri belt ditambahkan perangkat tambahan berupa skirt dan tripper. Anda bisa memperolehnya sekalian di tempat jual rubber belt conveyor terbaik dan meminta jasa modifikasi.

#3 Downtime Relatif Minim 

Supaya tetap efektif, alur produksi tambang, pabrik, atau bahkan pusat logistik tidak boleh ada masa istirahat (downtime) yang berlama-lama. Nah, sistem konveyor tipe belt ini bisa bekerja non-stop bahkan tanpa pengawasan operator sehingga tidak ada downtime yang merugikan.

#4 Kecepatan Relatif Tinggi 

Kecepatan transfer load baik unit maupun bulk oleh conveyor system model belt bisa mencapai 600 ft/m. Jika digunakan dengan tepat, ini bisa meningkatkan produktivitas Anda hingga 150% ketimbang menggunakan truk atau tenaga manusia.

 #5 Gampang Dibersihkan

Bagi beberapa model industri seperti misalnya makanan, obat-obatan, atau aksesoris, kebersihan adalah hal yang tidak bisa ditawar. Conveyor belt punya komponen yang mudah dibongkar-pasang selama proses pembersihan baik untuk skala maintenance harian maupun tahunan. Selain itu, di setiap bagian bawah rangka antar section juga ditambahkan belt cleaner untuk meminimalisasi potensi penyumbatan.

Jika tidak punya, Anda juga bisa membeli perangkat ini secara terpisah di tempat jual rubber belt conveyor untuk diberikan modifikasi ringan.

 

Jenis Bahan Belt Conveyor

Belt conveyor mula-mula dibuat untuk membuat sebuah proses pekerjaan jadi lebih efisien. Dengan diciptakannya rangkaian ini, para pekerja tidak perlu lagi mondar-mandir untuk memindahkan barang-barang kecil maupun berat dari satu tempat ke tempat lain. Sehingga, tenaga kerja bisa lebih didistribusikan ke lini produksi lain.

Untuk menunjang proses transfer yang terjamin aman, cepat, dan tanpa halangan, maka pilihan bahan belt conveyor sangat perlu diperhatikan. Sebelum mantap berkonsultasi ke kontraktor jual rubber belt conveyor yang Anda incar, tidak ada salahnya berkenalan terlebih dahulu dengan jenis-jenis bahan belt conveyor berikut:

 

#1 Conveyor Belt Plastik

Bahan belt plastik ini memiliki kekurangan dan kelebihan yang sama besarnya. Di satu sisi, sifat plastik yang gampang dibentuk membuatnya bisa disesuaikan bentuknya dengan lintasan conveyor yang cenderung berkelak-kelok. Tapi di satu sisi, ketahanannya kurang baik (gampang meleleh oleh suhu ekstrim, tidak bisa menyangga muatan terlalu berat, dst.)

Yang menguntungkan, conveyor belt plastik ini harganya terhitung murah dibanding material lain. Conveyor plastik sangat pas untuk industri aksesoris atau kosmetik seperti misalnya sabun batangan.

 

#2 Bahan Textile Rubber

Alternatif yang lebih kuat untuk bahan belt plastik adalah textile rubber. Memang harganya sedikit lebih tinggi, tetapi textile rubber yang merupakan karet mentah yang sudah disintetifikasi sesuai kebutuhan industri ini lebih awet serta memiliki tekstur yang bisa menahan laju barang sehingga tidak tercecer dari rangkaian conveyor saat dioperasikan.

Namun sisi buruknya, bahan textile rubber juga kurang tahan panas. Selain itu juga perlu diganti tiap beberapa tahun karena sifatnya akan ‘melar’ seiring intensitas dan frekuensi penggunaan.

 

#3 Belt Kawat Baja

Tidak banyak yang tahu bahwa kawat baja juga bisa difungsikan untuk belt conveyor dalam kancah industri. Materialnya kokoh dan bisa menahan beban baik unit maupun bulk yang bervolume hingga sekian kwintal dalam sekali pengantaran.

Untuk lintasan berkelok, bentuknya pun bisa disesuaikan. Kekurangannya hanya dua; belt kawat baja tidak cocok untuk mengangkut barang-barang kecil seperti parfum, biji-bijian, atau makanan karena akan terselip. Selain itu, harganya juga relatif mahal.

 

#4 Bahan Bucket Belt/Ember

Meski digunakan untuk transfer muatan secara vertikal, conveyor bucket ini juga masih termasuk belt conveyor.  Alasannya karena ember-ember yang menjadi elemen conveyor ini disusun dalam untaian yang simetris. Bahan bucket belt biasanya logam atau alumunium, dan cocok untuk mengangkut barang-barang yang gampang tercecer seperti snack atau biji-bijian.

 

# Belt Rantai Baja

Jika Anda mencari material bahan conveyor belt yang tahan gesekan, panas,d an temperatur ekstrim, maka belt rantai baja adalah jawabannya. Karena itulah jenis belt ini paling banyak dipakai untuk industri kimia, pertambangan batu mulia, bahkan scraper.

Tetapi, belt rantai baja juga tidak bisa dibentuk menjadi kelok-kelok. Bentuk conveyor belt tipe ini harus lurus meski masih bisa dibuat vertikal atau miring dengan bantuan tripper.

 

Kesimpulan

Anda harus mengetahui karakteristik Anda dengan baik agar dapat menentukan mana material bahan belt yang paling  pas untuk rangkaian conveyor Anda. Karena sekali lagi, harga tidak selalu sebanding dengan kualitas karena setiap muatan transfer memiliki sifat yang unik.

Jika Anda ingin mengetahui tempat jual rubber belt conveyor paling bagus, pastikan untuk memilih di tempat yang telah malang-melintang melayani pelanggan dengan testimoni positif di mana-mana. Biasanya, tempat semacam ini telah melewati standard ISO dan disertifikasi secara nasional dan internasional.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!