KOMPONEN UTAMA CONVEYOR BELT – JUAL SPAREPART CONVEYOR

KOMPONEN UTAMA CONVEYOR BELT – JUAL SPAREPART CONVEYOR

RSM adalah solusi yang tepat jika Anda membutuhkan jasa fabrikasi conveyor sistem ataupun supplier yang men jual sparepart conveyor.

 

JUAL SPAREPART CONVEYOR

Dalam kegiatan industri external transport maupun internal transport masalah pengangkutan dan pemindahan material dalam kapasitas besar merupakan masalah yang sering untuk ditindak lanjuti.

Oleh karna itu perlu diadakannya alat-alat yang dapat membantu dan meringankan pekerjaan dalam hal pengangkutan atau pemindahan material dari suatu tempat ketempat yang lain. Adapun alat yang dapat digunakan untuk memenuhi permasalahan tersebut salah satunya adalah conveyor.

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, salah satunya juga men jual sparepart conveyor dan berbagai layanan lainnya, seperti :

 

JASA PEMBUATAN CONVEYOR SYSTEM

Jasa fabrikasi sistem conveyor terlengkap untuk berbagai kebutuhan Anda ;

  1. Kontraktor Engineering, Procurement and Construction (EPC)
  2. Fabrikasi Item Conveyor

 

JUAL CONVEYOR SPAREPARTS

  1. Rubber Conveyor Belt
  2. PU & PVC Conveyor Belt
  3. Rubber Lagging, Skirt Rubber
  4. Adhesive Material & Splicing Tool
  5. Power Transmission (V Belt, Timing Belt, V Pulley)
  6. Heavy Duty Roller
  7. Drum Pulley
  8. Belt Cleaner

 

SPESIALIS ANTI KOROSI

  1. Petrolatum Tape
  2. Composite Wrapping for Jetty Piles
  3. Cathodic Protection
  4. Coating, Lining & Protection

 

JASA PERBAIKAN BETON

  1. Floor Coating, Roof Coating
  2. Concrete Repair
  3. Grouting

 

ONLINE LEAK SEALING

  1. Stop Leak & Metal Repair
  2. Water Shield

 

Komponen Utama Conveyor Belt

Jenis conveyor yang banyak digunakan pada saat ini adalah jenis belt conveyor dimana sabuk yang digunakan terdiri dari beberapa lapisan bahan katun dan karet. Permukaan luar sabuk yang terbuat dari karet berfungsi sebagai pelindung katun daru keausan dan mampu memberikan gesekan yang cukup antara puli dengan sabuk, sehingga sabuk dapat digerakan dan tidak mudah terjadi selip. Dan bila terjadi selip maka tidak diteruskan keputaran poros.

Adapun komponen utama belt conveyor, diantaranya adalah :

 

  1. Belt

Sabuk merupakan elemen terpenting pada sistem konveyor sabuk. Secara umum sabuk terdiri dari tiga bagian utama yaitu, lapisan atas (top cover), kakas (carcass) dan lapisan bawah (bottom cover).

Lapisan sabuk berfungsi untuk melindungi kakas dari keausan dan kerusakan selama operasi. Kakas berfungsi untuk meneruskan tegangan pada sabuk saat start dan selama memindahkan muatan. Selain itu, kakas juga dapat menyerap gaya impact beban akibat kecepatan sabuk sehingga tetap stabil.

Sabuk yang baik harus memiliki kekuatan yang tinggi, ringan, higroskopis yang tinggi, fleksibel serta tahan lama. Ditinjau dari persyaratan ini, maka sabuk yang terdiri dari beberapa lapisan katun dan karet merupakan jenis yang baik.

Belt conveyor jenis belt tekstil harus memenuhi persyaratan:

  • Tidak menyerap air (low hygroscopicity),
  • Kekuatan tinggi, ringan,
  • Pertambahan panajng spesifik rendah (low specific elongation),
  • Fleksibilitas tinggi,
  • Lapisan tidak mudah lepas (high resistivity to ply separation), dan
  • Tahan lama (long service life).

Sabuk yang digunakan pada konveyor sabuk terdiri dari beberapa tipe seperti bulu unta, katun dan beberapa jenis sabuk tekstil berlapis karet.

Sabuk harus memenuhi persyaratan, yaitu kemampuan menyerap air rendah, kekuatan tinggi, ringan, lentur, regangan kecil, ketahanan pemisahan lapisan yang tinggi dan umur pakai panjang.

Untuk persyaratan tersebut, sabuk berlapis karet (Rubber Belt) adalah yang terbaik. Karena beberapa jenis material yang dibawa mempunyai sifat abrasif.

 

 2. Idler / Roller

Idler berfungsi untuk menyangga belt bersama dengan sheet steel runway atau kombinasi dengan solid wood, terutama untuk memindahkan muatan curah.

Berdasarkan lokasi, idler dibedakan atas upper idler (untuk mencegah belt slip/ sobek karena membelok di pulli) dan lower idler (untuk menyangga belt/ muatan). Upper idler bisa jadi terdiri dari three roller, single roller.

Conveyor yang dirancang untuk membawa muatan curah (bulk load) umumnya menggunakan troughed idler dengan sisi roller diset pada sudut 20 hingga 35. Conveyor dengan flat idler terutama digunakan untuk memindahkan muatan satuan (unit load). Flat idler hanya digunakan jika belt conveyor dilengkapi dengan saluran buang (discharge plough) dengan kapasitas pemindahan bahan kecil (hingga 25 m3/jam)

Idlers /Roller conveyor terdiri dari:

  • Brackets
  • Shell
  • Shaft
  • Bearing
  • Seals
  • supporting base

 

3. Unit Penggerak (Pulley)

Pada belt conveyor, daya motor ditransmisikan ke sabuk dengan friksi sabuk yang melalui pulley penggerak (driving pulley) yang digerakkan oleh motor listrik. Penggerak terdiri dari : pulley (terkadang ada dua), motor, roda gigi transmisi, dan kadang alat pengerem (braking device) untuk mencegah slip.

 

 4. Penyenter belt

Beberapa alasan, seperti eksentrisitas beban, adanya kotoran (misal tanah), bahan yang mudah lengket (sticky material) pada pulli dan roller, dan lain-lain, yang mungkin mengakibatkan sabuk berjalan tidak sesuai dengan jalur yang ditentukan. Untuk mencegah hal ini diperlukan peralatan penyenter sabuk (gambar 2.4) yang terdiri dari:

  1. troughed three-roller-idler
  2. frame
  3. vertical pivot
  4. rumah bantalan
  5. balok kanal C
  6. lever
  7. poros
  8. vertical roller yang berfungsi untuk mencegah sabuk melompat keluar jalur

 

5. Roda Gigi Transmisi

Perancangan penggerak system konveyor sabuk modern dilengkapi dengan sistem roda gigi transmisi berikut reducer. Desain yang kompak sangat disukai karena operasional yang hampir tanpa gangguan

 

6. Pengisian Dan Pengeluaran (Loading And Discharge)

Perancangan corong pengisian (feed hopper) dan penuntun luncur (guide chute) sangat tergantung pada karakteristik bahan yang hendak dipindahkan.

 


Tags :

pembuatan conveyor batubara, cara membuat roller conveyor, cara membuat conveyor, jasa pembuatan conveyor, fabrikasi conveyor, jasa fabrikasi conveyor, membuat conveyor, conveyor belt, harga belt conveyor, jenis belt conveyor, harga conveyor belt per meter, jenis jenis belt conveyor, sambungan belt conveyor, mesin conveyor belt, bagian belt conveyor, harga mesin conveyor belt

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!