Keunggulan Belt Conveyor Dalam Kegiatan Bisnis Anda

Keunggulan Belt Conveyor Dalam Kegiatan Bisnis Anda

Sejak diperkenalkan di dunia industri pada 1892, belt conveyor sudah banyak membantu efisiensi transfer produk di kawasan industri. Sifatnya yang permanen, cepat, tangkas, dan terhitung murah sangat disuka oleh para pemilik industri. Maka tak heran, ketika diperkenalkan di Indonesia pada 1960-an, pamor keunggulan belt conveyor semakin menanjak.

Akan tetapi, masih banyak pengusaha yang ngotot untuk menggunakan tenaga manual seperti buruh atau mesin loader daripada menggunakan keunggulan belt conveyor. Alasannya bermacam-macam.

Pertama, pemasangannya dirasa mahal di awal-awal bagi orang awam. Yang kedua, lokasi pemasangannya pun dinilai cukup memakan tempat. Ada juga faktor skeptis karena tidak terbiasa dengan teknologi. Dan juga faktor-faktor lain.

Padahal jika berani mengambil risiko, sebetulnya lebih banyak keunggulan belt conveyor yang dijamin membuat Anda bersyukur memakai instalasinya di tempat produksi Anda dibanding kerja manual. Apa saja? Di kesempatan kali ini, mari kita bedah bersama-sama.

 

SUPPLIER CONVEYOR BELT MURAH

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA COATING
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

Keunggulan Belt Conveyor

Ada beberapa keunggulan belt conveyor yang pastinya akan memangkas budget Anda baik secara finansial maupun energi dalam jangka panjang. Beberapa di antaranya adalah hal-hal berikut:

 

  1. Lebih Efektif dan Efisien

 

Dalam dunia industri, waktu adalah aset yag berharga. Jika menggunakan tenaga manual, ada banyak faktor x yang sulit dihitung. Misalnya, kecepatan mesin loader dan tenaga manusia yang berjalan sangat bervariasi. Ini belum memperhitungkan variabel-variabel lain, seperti misalnya ketahanan terhadap cuaca, terjal medan, basah atau licin, dan sebagainya.

Di saat yang sama, perpindahan muatan dari satu titik ke titik yang lain ini juga harus dipastikan aman. Apalagi jika produk industri Anda bersifat rentan seperti makanan, obat-obatan, atau pernak-pernik.

Proses perpindahan menggunakan tenaga manual juga dirasa merepotkan karena satu personel harus menunggu yang lain agar mulai bergerak. Ini mengasumsikan semua komposisi team bisa bekerja dengan maksimal, tapi bagaimana jika tidak?

Di sinilah, peran belt conveyor menjadi vital. Karena pemasangannya bisa diatur dan dikalkulasikan kecepatannya agar sesuai dengan kebutuhan industri. Tenaga manusia yang dibutuhkan pun tidak banyak dan bisa dialihfungsikan sebagai operator.

 

  1. Dapat Diatur Posisi dan Ketinggiannya

 

Setangkas apa pun team pekerja yang Anda miliki, ada ketinggian atau posisi-posisi tertentu di medan produksi yang lebih praktis bila diserahkan pada mesin. Misalnya pada industri pertambangan, pemecahan batu, galian, dan sejenisnya.

Dibanding menggunakan tenaga manusia atau mesin loader yang bisa membahayakan, lebih menguntungkan bila Anda memasang conveyor belt. Keunggulan dari conveyor belt adalah bisa ditempatkan di berbagai lokasi dan ketinggian, baik di bawah posisi setiap pekerja, sejajar dengan pekerja, bahkan belt conveyor bisa kita letakkan di atas posisi pekerja. Tingkat kemiringan dan derajatnya juga bisa diatur.

Sebuah mesin belt conveyor bisa bergerak dengan kecepatan hampir 1 meter per detik. Ini jelas lebih cepat daripada langkah manusia normal. Keunggulan conveyor belt yang lain adalah rangkanya bisa memastikan mengantar muatan Anda secara aman dan utuh.

 

  1. Meminimalisasi Risiko Kerja dan Keselamatan Personel

 

Berapapun biaya yang Anda sedia gelontorkan untuk membayar pekerja, kabar buruk berupa kecelakaan selalu membuat berkabung. Belum lagi, itu dapat menurunkan morale alias semangat kerja para pekerja lain. Belum lagi, adanya kecelakaan juga bisa menghambat alur kerja secara umum bila Anda masih memberlakukan sistem produksi dengan tenaga manual.

Kabar baiknya, dengan bantuan velt conveyor hal ini bisa diminimalisasi. Setiap pemasangan conveyor belt system, mengasumsikan Anda menggunakan jasa pemasangan conveyor system yang terpercaya, selalu mengikuti standar keamanan internasional dan disertai pelindung serta protokol. Tenaga manusia di medan berbahaya bisa dialihkan menjadi operator untuk menjalankan serta mengawasi laju produk di mesin. Sehingga, tidak perlu berususan dengan bahaya lagi.

 

  1. Presisi dan Capable

 

Tahukah Anda bahwa Anda bahkan bisa memasang sensor di rangkaian conveyor belt untuk mendeteksi mana muatan yang bobotnya tidak sesuai? Pada taraf yang lebih canggih, sensor ini juga bisa mendeteksi adanya barang defect.

Kecepatan, ketelitian, presisi pengantaran dari titik pusat ke titik transfer, semuanya bisa diatur. Sehingga, Anda bisa mengira-ngira load pekerjaan harian, bulanan, atau bahkan tahunan tanpa terbentur faktor yang tak bisa ditebak seperti halnya saat menggunakan tenaga manusia atau mesin loader.

Selain itu jika ada kerusakan, biasanya pihak penyedia jasa juga memberlakukan servis maintenance bergaransi. Anda juga bisa membantu agar rangkaian conveyor belt Anda ini semakin awet dengan memberikan perawatan rutin.

 

  1. Memberi Angin Segar Berupa Perubahan Bagus pada Perusahaan

 

Mulanya, semua perubahan pasti terasa canggung. Sehingga wajar jika banyak perusahaan yang ingin tetap di zona nyaman. Mengaplikasikan belt conveyor berarti redistribusi divisi pekerja dan mengeluarkan budget untuk investasi perkakas yang boleh jadi sebelumnya tak terpikirkan.

Akan tetapi setelah dipasang, belt conveyor terbukti menurut riset bisa memberikan perubahan positif bagi banyak perusahaan. Selain lebih hemat dan efisien, alur produksi juga lebih bisa dikalkulasikan, lingkungan kerja menjadi lebih bersih dan teratur, serta keselamatan dan keamanan para pekerjanya pun lebih terjamin.

Keunggulan belt conveyor dalam industri juga lebih sesuai dengan tuntutan industri 4.0 yang lebih menuntut para pemilik usaha agar lebih tangkas dan produktif dalam memenuhi tuntutan pasar. Sehingga, memiliki conveyor belt dalam lini kerja bukan hanya merupakan pilihan, melainkan alternatif yang bisa memenuhi cita-cita ini.

Jadi, masih yakin tidak mau menggunakan keunggulan belt conveyor system?

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!