KEUNGGULAN JASA CATHODIC PROTECTION ANTI KOROSI

KEUNGGULAN JASA CATHODIC PROTECTION ANTI KOROSI

Jika Anda mencari perlindungan Anti Korosi, menggunakan keunggulan Jasa Cathodic Protection, maka RSM solusinya.

 

SOLUSI ANTI KOROSI

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

PENGENDALIAN KOROSI

KEUNGGULAN JASA CATHODIC PROTECTION

Selain perlindungan korosi dengan jasa cathodic protection, RSM juga memberikan Perlindungan Korosi dengan berbagai layanan lainnya, yaitu :

  • Proteksi Anodik / Perlindungan Anoda
  • Proteksi Katodik / Perlindungan Katoda
  • Zinc Anode / Anoda Seng
  • Magnesium Anode
  • Aluminium Anode
  • TAM Composite Wrapping
  • HDPE Jacketing
  • Cat Anti Karat / Protective Coating
  • TAM Petrolatum Tape
  • FRP Lining Protection

 

Penyebab Korosi

Pada dasarnya, korosi adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari, dan dapat terjadi karena beberapa faktor, termasuk :

  • Perbedaan potensial alamiah antara dua logam yang berbeda.
  • Variasi kondisi metalurgi di permukaan logam.
  • Perbedaan kondisi lokal lingkungan, seperti variasi oksigen di permukaan dimana daerah kaya oksigen menjadi katoda dan daerah miskin oksigen menjadi anoda.

 

Proteksi Katoda

Prinsip CP (Cathodic Protection) adalah dengan cara mengubah semua daerah di permukaan logam menjadi katoda dengan cara menghubungkan anoda dari luar kepada logam yang dilindungi dan melewatkan arus listrik DC.

Anoda luar bisa berupa anoda galvanik dimana arus yang mengalir adalah hasil dari perbedaan potensial dua logam, atau berupa anoda arus tanding (impressed current) dimana arus dialirkan dari sumber tenaga DC dari luar.

Dalam istilah elektrokimia, potensial listrik antara logam dan larutan elektrolit dibuat menjadi lebih negatif, dengan memberikan elektron (bermuatan negatif), ke sebuah nilai dimana reaksi korosi (anodik) tertahan dan hanya reaksi katodik yang berlangsung.

Cathodic Protection dapat terjadi melalui dua cara, yaitu :

  • Dengan anoda galvanik (korban), “Sacrificial Anode Cathodic Protection” (SACP)
  • Dengan arus tanding/luar, “Impressed Current Cathodic Protection” (ICCP)

 

Keunggulan Jasa Cathodic Protection

Keunggulan Jasa Cathodic Protection dibanding teknik pengendalian korosi lainnya adalah kesederhanaan aplikasi yang hanya melibatkan pemeliharaan sebuah sirkuit DC dan efektifitasnya dapat dimonitor terus menerus.

CP biasanya diterapkan pada struktur yang dilapis (coated) untuk mengendalikan korosi di daerah dimana lapisan tak berfungsi (cacat). CP juga dapat diterapkan kepada struktur yang sudah beroperasi untuk memperpanjang umur pakainya.

Penentuan CP sejak awal dapat menghindari pemberian alokasi korosi (corrosion allowance) kepada struktur berdinding tipis (seperti pipa) yang membuat ongkos produksi meningkat. Dia juga dapat diterapkan untuk menjamin keamanan ketika kebocoran kecil tidak bisa ditoleransi demi alasan keselamatan atau lingkungan.

Secara prinsip, CP dapat diterapkan ke semua struktur logam yang berada dalam elektrolit (air, tanah, bahkan beton). Dalam prakteknya, penerapan utama CP adalah untuk melindungi struktur baja yang terkubur di tanah atau tercelup di air.

CP tidak dapat digunakan untuk mencegah korosi atmosfir. Tetapi dapat melindungi struktur beton bertulang yang terpapar ke atmosfir dan terkubur dalam tanah, karena beton itu sendiri mengandung uap air yang cukup untuk bertindak sebagai elektrolit.

Struktur yang umum dilindungi dengan CP adalah permukaan luar dari: jaringan pipa, lambung kapal, dasar tangki, jeti dan struktur pelabuhan, pelat baja tubular dan tiang pondasi, anjungan lepas pantai, struktur terapung dan tenggelam.

CP juga dapat melindungi pemukaan dalam dari: pipa berdiameter besar, tangki kapal, tangki penyimpanan dan sistim sirkulasi air. Namun karena anoda internal jarang mampu menyebarkan arus proteksi untuk jarak lebih dari 5 kali diameter, CP umumnya tidak praktis atau tidak cocok untuk pipa berdiameter kecil.

CP dapat diterapkan untuk mengendalikan korosi dari baja dalam struktur beton bertulang seperti dalam jembatan dan bangunan pelabuhan. CP juga dapat diterapkan untuk paduan berbasis Cu dalam sistim air minum, untuk kabel dan paduan Al tetapi dengan kontrol yang ketat.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!