Jasa Pembuatan Desain Conveyor Sesuai Kebutuhan

Jasa Pembuatan Desain Conveyor Sesuai Kebutuhan

Memasang conveyor di pabrik atau lokasi industri Anda tidak bisa asal sembarangan. Rangkaian sistem ini semakin diminati karena ditengarai bisa mempersingkat waktu pengantaran, menambah efisiensi produk, meningkatkan produktivitas pabrik. Meski begitu, ada sejumlah poin yang perlu diperhatikan dalam pembuatan desain conveyor.

Ini penting karena pembuatan desain conveyor yang tidak sesuai bisa mengakibatkan rugi dua kali. Terlebih karena setiap desain conveyor sesungguhnya istimewa. Setiap komponen sparepart dan baut dibuat khusus untuk jenis muatan tertentu, mulai dari bentuk hingga material bahannya.

Agar tidak salah pilih, tidak ada salahnya sedikit berkenalan dengan serba-serbi pembuatan desain conveyor di bawah ini.

 

SUPPLIER CONVEYOR

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

Pembuatan Desain Conveyor

Ketika mendengar kata conveyor, kebanyakan orang langsung membayangkan rangkaian conveyor belt yang biasa mengantarkan barang secara linier di pabrik-pabrik. Padahal faktanya, ada banyak jenis conveyor di lapangan.

Sehingga, pembuatan desain conveyor sangat ditentukan pada kompleksitas dan kebutuhan produk yang akan diangkut di industri Anda. Misalnya, bagi Anda yang memiliki pertambangan batu bara jelas lebih membutuhkan conveyor chute berbahan metal kuat yang heat resistance ketimbang model conveyor PVC biasa.

Pembuatan desain conveyor yang tepat akan memastikan rangkaian conveyor ini bisa awet dan bisa dipakai secara efektif untuk waktu yang lama. Dengan demikian, Anda sama saja menghemat biaya dan waktu karena downtime untuk reparasi dan maintenance bisa ditekan selama waktu.

 

Hal-Hal yang Mempengaruhi Pembuatan Desain Conveyor

Seperti kaidah rancang bangun lainnya, dalam pembuatan desain conveyor pun ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai merakit. Faktor-faktor ini perlu diperhatikan agar efektivitas kegiatan produksi tetap berjalan lancar dan Anda tidak perlu menganggarkan biaya ekstra untuk reparasi yang terlalu sering.

Jika material dan model sudah sempurna sesuai dengan persyaratan medan pabrik, hampir bisa dipastikan conveyor akan awet dan tidak rewel saat digunakan. Apa saja faktor-faktor tersebut?

 

#1. Ketahanan Suhu

Kenali baik-baik medan area industri Anda. Apakah dominan panas? Dingin? Atau bahkan bisa fluktuatif dari panas ke dingin dan sebaliknya?

Kasus-kasus demikian sering terjadi di industri pertambangan. Untuk batu bara atau logam mulia misalnya, suhu di medan pabrik bisa mencapai titik ratusan derajat celcius lalu drop ke minus ketika proses cooling off. Karenanya, dibutuhkan material dan bentuk conveyor belt yang harus turut menyesuaikan.

 

#2. Tingkat Kelembapan Udara

Material tertentu akan melar, berjamur, bahkan lapuk jika terus-terusan terkena paparan udara lembap. Seperti misalnya bahan fabric atau logam tanpa antikarat. Memang harganya murah dan sesuai dengan kebutuhan produk, tetapi jika lingkungan sekitar terhitung lembap ini bisa membawa dampak buruk pada efektivitas dan tingkat keawetan conveyor.

Maka, konsultasikan dengan pihak kontraktor tentang jenis conveyor yang paling pas untuk bisnis Anda agar kemungkinan ini bisa ditekan sebaik mungkin.

 

#3. Jenis Paparan Material

Meski dilengkapi cleaner dan selalu dibersihkan menyeluruh secara berkala, paparan terus-menerus dari material dapat memperpendek usia conveyor. Karenanya dalam pembuatan desain conveyor yang tepat juga harus mengindahkan jenis paparan material yang diangkut.

Poin-poin yang perlu dicatat misalnya adalah seberapa abrasif paparan material tersebut? Lalu, apakah konsentrasi kimianya tinggi? Seberapa besar kemungkinannya untuk menimbulkan karat atau korosi? Dengan mengetahui hal-hal ini, proses pembuatan desain conveyor juga bisa dibuat seakurat mungkin.

 

#4. Beban yang Dibawa

Setiap rangkaian conveyor memiliki batas maksimal akan berapa beban yang bisa dibawa. Ini tentu saja juga menyesuaikan dengan bentuk dan material bahan conveyor tersebut.

Beban muatan yang bersifat bulk dan besar seperti batuan agregat segar dari stone crusher pertama tidak efektif untuk diangkut dengan conveyor belt PVC. Selain karena bisa berhamburan ke mana-mana, dikhawatirkan bahan belt juga akan cepat sobek. Karena itu, diperlukan conveyor khusus dengan bahan metal.

Ini sekaligus catatan agar pemilik usaha betul-betul mengenali model produksinya sebelum memasang conveyor.

 

#5. Bentuk Medan

Coba kita pikirkan terlebih dahulu: apakah sistem conveyor kita nantinya akan digunakan untuk memindahkan material dengan beban yang selalu sama atau berubah-ubah? Apakah nantinya akan ada lonjakan banyaknya material yang akan dipindahkan, misalnya ketika musim tertentu?

Perhatikan juga apakah dari satu titik ke titik lainnya diperlukan tambahan kelokan conveyor untuk mengangkat muatan dari ketinggian yang berbeda-beda. Jika demikian, maka bentuk konveyor yang akan dipasang juga menyesuaikan.

 

#6. Kemudahan Pembersihan Coveyor

Lazimnya, setiap pembuatan desain conveyor sudah menyertakan cleaner di bagian dekat hopper dan ujung conveyor. Karena penyumbatan sebab kotoran atau bekas material yang tersedimentasi seringkali menjadi penyebab utama kerusakan conveyor.

Akan tetapi perlu diperhatikan juga aspek kemudahan pembersihan conveyor secara menyeluruh. Misalnya seberapa sering conveyor ini akan dibersihkan? Lalu ketika dilepaskan sparepartnya satu demi satu untuk pembersihan total, kira-kira berapa lama downtime yang dibutuhkan sehingga pabrik atau industri bisa libur beroperasi?

Besar atau ukuran rangkaian conveyor tentu saja berperan pada tingkat kemudahan pembersihan conveyor ini. Karenanya, faktor ini sebaiknya turut diperhitungkan dalam pembuatan desain conveyor.

 

Kesimpulan

Tidak ada conveyor yang sifatnya general purpose. Jika ingin maksimal dalam menyokong kinerja kawasan industri Anda, pastikan untuk memikirkan baik-baik jenis conveyor yang akan Anda pasang.

Ranadityo Sukses Makmur menawarkan jasa pembuatan conveyor terbaik dengan range pengalaman mulai dari industri mikro hingga makro. Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh mengenai dunia conveyor dan cara terbaik menjalankannya, segera hubungi PT. RSM di nomor kontak.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!