Jika Anda mencari jasa pengendalian korosi lambung kapal dan pelat baja, maka RSM solusi yang tepat.
SOLUSI ANTI KOROSI
PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :
- JASA PEMBUATAN CONVEYOR
- JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
- TAM PETROLATUM TAPE
- COMPOSITE WRAPING
- JASA PROTEKSI KATODIK
- JASA FRP LINING
- JASA INJEKSI BETON
- JASA GROUTING BETON
- JASA CAT ANTI KOROSI
- JASA ONLINE LEAK SEALING
- JASA WATERPROOFING
Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555
PENGENDALIAN KOROSI LAMBUNG KAPAL
Ada beberapa cara dan metode pengendalian korosi lambung kapal. Memang mungkin akan berbeda dengan metode pencegahan korosi untuk tiang dermaga maupun pipa industri. Hal tersebut wajar, karena ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan.
Untuk memutuskan apa pengendalian korosi lambung kapal yang tepat, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan Tim RSM yang telah berpengalaman dan memiliki layanan anti korosi yang terlengkap, seperti berikut ini :
- Proteksi Anodik / Perlindungan Anoda
- Proteksi Katodik / Perlindungan Katoda
- Zinc Anode / Anoda Seng
- Magnesium Anode
- Aluminium Anode
- TAM Composite Wrapping
- HDPE Jacketing
- Cat Anti Karat / Protective Coating
- TAM Petrolatum Tape
- FRP Lining Protection
KOROSI KAPAL
Kapal baja merupakan kapal dengan seluruh bangunan terbuat dari baja paduan dengan komposisi kimia sesuai standar untuk konstruksi kapal yang dikeluarkan oleh biro klasifikasi kapal .
Baja untuk konstruksi kapal pada umumnya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu baja konstruksi kapal biasa, baja konstruksi kapal dengan tegangan tinggi, dan baja tempa.
Pemakaian pelat baja untuk bangunan kapal memiliki resiko kerusakan yang tinggi, terutama terjadinya korosi pada pelat baja yang merupakan proses elektrokimia, akibat lingkungan air laut yang memiliki resistivitas sangat rendah + 25 Ohm-cm,jika dibandingkan dengan air tawar + 4.000 Ohm-cm, dan sesuai dengan posisi pelat pada lambung kapal.
Posisi pelat baja lambung kapal terbagi dalam tiga bagian yaitu :
- Selalu tercelup air (pelat lajur alas, pelat lajur bilga, dan pelat lajur sisi sampai sarat minimal).
- Keluar masuk air (pelat lajur sisi kapal dari sarat air minimal sampai sarat air maksimal).
- Tidak tercelup air (pelat lajur sisi mulai dari sarat maksimal sampai dek utama).
JENIS KOROSI KAPAL
Korosi yang dapat terjadi pada pelat baja kapal dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu :
- Korosi Merata (uniform corrosion), seluruh permukaan pelat terserang korosi biasanya pada bagian pelat yang berada diatas garis air.
- Korosi Pelobangan (pitting corrosion), pada permukaan pelat terjadi lobang yang semakin lama akan bertambah dalam dan akhirnya dapat menembus pelat.
- Korosi Tegangan (stress corrosion), korosi pada bagian pelat yang memikul beban besar.
- Korosi Erosi (errosion corrosion), korosi yang terjadi pada material yang menerima tumbukan partikel cairan yang mengalir dengan kecepatan tinggi.
- Korosi Celah (crevice corrosion), korosi yang terjadi pada celah, daerah jepitan, sambungan dan daerah yang ditutupi binatang dan tumbuhan kecil.