Penyebab Korosi dan Jasa Pengendalian Korosi

Penyebab Korosi dan Jasa Pengendalian Korosi

Jika Anda mencari Jasa Pengendalian Korosi yang terjadi akibat berbagai penyebab korosi yang tidak dapat dihindari, RSM adalah solusinya.

 

SOLUSI ANTI KOROSI

PT Ranadityo Sukses Makmur (RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

SOLUSI PENGENDALIAN KOROSI

RSM memberikan Perlindungan Korosi dengan berbagai metode dan solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, budget serta kondisi yang dialami, salah satunya yaitu dengan :

  • Proteksi Anodik
  • Proteksi Katodik
  • Zinc Anode
  • Magnesium Anode
  • Aluminium Anode
  • TAM Composite Wrapping
  • HDPE Jacketing
  • Cat Anti Karat
  • Protective Coating
  • Marine Coating
  • TAM Petrolatum Tape
  • FRP Lining Protection

 

PENYEBAB KOROSI

Peristiwa korosi terjadi akibat beberapa faktor yang dipengaruhi oleh sifat dari kedua logam atau paduan dan lingkungannya. Faktor-faktor yang menjadi pengaruh terbesar dalam laju korosi adalah:

 

  1. Temperatur

Temperatur  menjadi  salah  satu  faktor  penting  dalam  peristiwa  korosi. Pengaruhnya  pun  bervariasi  terhadap  peristiwa  korosi.

Pada  temperatur kamar  laju  korosi  relatif  rendah.  Peningkatan  temperatur  dapat  menjadi salah  satu  faktor  yang  dapat  meningkatkan  lajureaksi  kimia.  Pengaruh peningkatan   temperatur   akan   bervariasi   pada   logam   logam   tertentu. Kombinasi   antara   temperatur   tinggi   dan   proses   pengeringan   pada permukaan  akan  menurunkan  laju  korosi.

Namun  jika  temperatur  tinggi dikombinasikan  dengan  nilai  kelembaban  dan  hadirnya  zat  polutan,  maka laju korosi akan meningkat.

 

2. Kecepatan fluida

Faktor berikutnya yang mempengaruhi laju korosi adalah kecepatan aliran fluida. Kecepatan fluida dapat menjadi faktor karena interaksinya terhadap lapisan  protektif  yang  umumnya  di  pasang  pada  logam.

Pada  kecepatan aliran  fluida  tertentu,  dapat  merusak  lapisan  pelindung  dari  logam.  Pada kecepatan   lain,   aliran   fluida   dapat   menurunkan   laju   korosidengan menyingkirkan ion-ion agresif dari permukaan logam.

Tiap logam biasanya memiliki  batas  kecepatan  yang  mempengaruhi  laju  korosi  pada  logam tersebut, hal ini biasa disebut dengan breakaway velocity. Di bawah batas kecepatan  tersebut,  laju  korosi  tidak  akan  berpengaruh  signifikan,  dan sebaliknya,  pada  kecepatan  diatas  batas breakaway  velocity,  peningkatan laju korosi akan signifikan terjadi.

 

3. Gas terlarut

Oksigen   adalah   oksidator   dengan   kekuatan   tinggi   sehingga   hadirnya oksigen  dalam  jumlah  yang  besar akan  meningkatkan  potensi  terjadinya korosi  di  lingkungan  air  yang  mengandung  oksigen  terlarut.

Kelarutan oksigen  sendiri  dipengaruhi  oleh  tempratur  dari  air  atau  pelarut.  Semakin tinggi  temperatur  air  atau  pelarut,  maka  semakin  rendah  oksigen  terlarut pada air tersebut. Selain itu, pada air yang mengandung garam, kandungan oksigen terlarut juga dinpengaruhi oleh garam-garam yang terlarut (Jones, 1992).

Pada  air  yang  mengandung  garam  NaCl  misalnya,  kadar  oksigen terlarut paling tinggi terdapat pada kadar NaCl 3.5%. Air laut mempunyai rentang  larutan  garam  di  kisaran  angka  di  atas,  oleh  sebab  itu  air  laut sifatnya sangat korosif.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!