JASA PERLINDUNGAN KOROSI PADA SPLASH ZONE TERLENGKAP

JASA PERLINDUNGAN KOROSI PADA SPLASH ZONE TERLENGKAP

Jacket platform merupakan salah satu jenis bangunan lepas pantai yang digunakan untuk proses  ekploitasi minyak di lepas pantai (offshore), yang selalu terancam oleh bahaya korosi. Untuk itulah RSM menyediakan Jasa perlindungan korosi pada splash zone yang sangat lengkap.

 

PENCEGAHAN KOROSI

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

PENGENDALIAN KOROSI

Selain perlindungan korosi dengan Proteksi Splash Zone, RSM juga memberikan Perlindungan Korosi dengan berbagai layanan lainnya, yaitu :

  • Proteksi Anodik
  • Proteksi Katodik
  • Zinc Anode
  • Magnesium Anode
  • Aluminium Anode
  • TAM Composite Wrapping
  • HDPE Jacketing
  • Cat Anti Karat / Protective Coating
  • TAM Petrolatum Tape
  • FRP Lining Protection

 

KOROSI SPLASH ZONE

Dalam jacket, terdapat kategori pembagian wilayah daerah. Daerah tersebut dibagi menjadi 4, yaitu:

  1. Daerah tidak terendam air
  2. Daerah perbatasan antara terendam dan tidak terendam
  3. Daerah terendam air dan
  4. Daerah yang terkubur

Dari empat bagian pada jacket tersebut, daerah yang paling agresif terjadi korosi adalah Splash zone. Hal ini dikarenakan pada splash zone dapat terjadi beberapa korosi yang terjadi secara bersamaan, yaitu korosi kelelahan (corrosion fatigue), marine growth (bio-corrosion) dan korosi seragam (uniform corrsion).

Splash Zone area adalah struktur marine yang terekspose oleh :

  • Ombak
  • Hempasan air laut
  • Oxygen
  • Garam laut
  • Paparan UV sinar matahari
  • Pasang surut air laut

 

PERLINDUNGAN KOROSI PADA SPLASH ZONE

Untuk menanggulangi bahaya korosi pada area splash zone, RSM menghadirkan Jasa perlindungan korosi pada splash zone yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget, diantaranya yaitu :

 

TAM COMPOSITE WRAP SYSTEM

Untuk  meng-antisipasi  problema  perlindungan  splash  zone    dengan  konvensional  system,  maka  kami  menciptakan inovasi produk  terkini  yaitu TAM Composite Wrap System.

TAM Composite Wrap System adalah produk yang terdiri dari  kombinasi Fibre (Carbon, E-glass atau Aramide) yang dikombinasikan dengan high level chemical resistance glassflake modified epoxy resin.

Karakteristik Tam Composite Wrap

  • Anti Korosi (Anti Corrosion)
  • Penguatan Struktur (Strengthen)
  • Perawatan (Maintenance)
  • Tidak Dapat Dicuri ( Anti Theft)
  • Mudah Diaplikasikan (Ease Of Installation)
  • Design Life 20 Tahun

 

PETROLATUM TAPE (HDPE JACKETING)

TAM Petrolatum Tape adalah fiber sintetis yang dilapisi dan dijenuhkan oleh campuran wax petrolatum.  Komponen campuran wax ini adalah: plasticizer, filler, inhibitor, aditif. Produk multi-komponen ini fleksibel dan dapat memberikan stabilitas anti korosi yang baik.

Petrolatum tape dapat digunakan untuk mencegah terjadinya korosi pada pipa dan tiang pancang di atas air dan di bawah air. Produk ini digunakan dengan cara membungkus lapisan pipa/tiang yang ingin dilindungi.

PT RANADITYO SUKSES MAKMUR (PT RSM) telah ditunjuk oleh PT TAM sebagai Distributor sejak tahun 2014 untuk menjual dan menyalurkan produk PT TAM yang meliputi : Petrolatum Tape, Composite Wrapping, Coating.

 

JASA PROTEKSI KATODIK

Proteksi katodik merupakan salah satu bentuk perlindungan pada logam agar tidak mengalami korosi. Prinsip kerja dari proteksi katodik adalah dengan mengubah benda kerja atau material logam utama menjadi katoda.

Proteksi katodik dilakukan dengan mengalirkan elektron-elektron tambahan ke dalam material logam atau benda kerja. Dalam proteksi katodik Terdapat 2 jenis metode yang umum di gunakan, yaitu sebagai berikut:

  1. Metode Impressed Current

Metode impressed current menggunakan Tambahan arus listrik dan anoda inert yang tidak akan habis, sehingga sistem seperti ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun kelemahan dari metode ini adalah biaya operasional yang cukup tinggi dan mahal dikarenakan metode ini menggunakan arus listrik secara terus menerus. Kelebihan dari metode impressed current ini dapat digunakan pada lingkungan yang memiliki resistivitas yang tinggi.

 

  1. Metode Anoda Korban

Metode anoda korban adalah metode dengan mengorbankan material lain yang dihubungkan pada benda kerja atau material yang ingin dilindungi.

Logam lain yang dapat dikorbankan harus memiliki potensial reduksi yang lebih kecil (anoda) dari pada benda kerja, agar terjadi perpindahan elektron dari potensial reduksi yang kecil ke yang tinggi.

Hal ini akan membuat suatu kejadian yang dinamakan sel galvanik yang mana sel galvanik ini menjadikan benda kerja sebagai suatu katoda.

 

JASA PROTECTIVE COATING

Coating merupakan bentuk pelapisan yang diterapkan pada permukaan suatu benda kerja yang mana bisa berbentuk logam maupun kayu. Tujuan dari penerapan lapisan bisa jadi sebagai dekoratif, fungsional, atau keduanya.

Pelapisan terdiri dari 2 jenis, yaitu liquid coating dan concrete coating. Liquid coating biasanya berupa painting (pengecatan), sedangkan concrete coating adalah pelapisan dengan menggunakan beton. Cat adalah pelapis yang kebanyakan memiliki kegunaan ganda untuk melindungi permukaan suatu benda.

Selain berfungsi sebagai dekoratif, pelapisan dengan menggunakan cat juga berfungsi sebagai media anti korosi yang melindungi permukaan benda semacam pipa – pipa pada pabrik maupun pada badan kapal.

Selain itu, coating juga memberikan gaya apung negatif (negative buoyancy force), memberikan fungsi anti-slip pada permukaan substrat dan beberapa fungsi lainnya.

Pada umumnya coating mengandung empat bahan dasar, yaitu pengikat (binder), zat pewarna (pigmen), pelarut (solvent), dan additif.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!