JASA PERLINDUNGAN KOROSI TIANG DERMAGA BETON

JASA PERLINDUNGAN KOROSI TIANG DERMAGA BETON

Jika Anda mencari jasa perlindungan korosi tiang dermaga beton dengan metode pengendalian korosi yang lengkap, RSM adalah solusinya.

 

PENCEGAHAN KOROSI

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

PENGENDALIAN KOROSI

Selain perlindungan korosi dengan jasa katodik ICCP, RSM juga memberikan Perlindungan Korosi dengan berbagai layanan lainnya, yaitu :

  1. Proteksi Anodik
  2. Proteksi Katodik
  3. Zinc Anode
  4. Magnesium Anode
  5. Aluminium Anode
  6. TAM Composite Wrapping
  7. HDPE Jacketing
  8. Cat Anti Karat / Protective Coating
  9. TAM Petrolatum Tape
  10. FRP Lining Protection

  

PENYEBAB KOROSI BETON

Korosi memang hal yang lumrah terjadi, khususnya bagi bangunan dengan struktur logam/besi atau beton. Korosi tidak dapat dihindari hanya dapat dicegah dan diminimalisir agar tidak menimbulkan kerugian yang banyak.

Perilaku korosi baja pada beton bertulang mempunya sejumlah faktor yang dapat diklasifikasikan dari sifat material maupun pengaruh dari luar. Sifat material, sebagaimana istilahnya, mengkhawatirkan sifat fisik, kimia, dan beton. Pengaruh eksternal pada korosi meliputi faktor-faktor seperti agresivitas lingkungan dan adanya arus berlebihan.

 

PERLINDUNGAN KOROSI TIANG DERMAGA

PERLINDUNGAN KOROSI TIANG DERMAGA

Salah satu solusi perlindungan korosi tiang dermaga beton yaitu dengan menggunakan jasa perlindungan katodik (cathodic protection). Proteksi Katodik adalah cara yang digunakan untuk mengontrol korosi terhadap material yang terkena langsung dengan proses oksidasi dengan menggunakan katoda dari sel elektrokimia.

Prinsip dari perlindungan proteksi adalah menghubungkan anoda eksternal dengan material untuk dilindungi dengan arus DC (searah) sehingga material berubah menjadi katodik dan tidak terjadi korosi.

Katodik proteksi dengan menggunakan elektrokimia terdapat 2 macam, diantaranya yaitu :

 

  1. Anoda Tumbal (Sacrificial Anode)

Dalam aplikasi biasa sebuah anoda galvanik yang lebih mudah bereaksi dipasang pada material di area yang mudah terkorosi. Perlindungan Anodik tersebut secara bertahap akan menghilang selama suatu periode ketika dihubungkan ke material. Dan peristiwa itu disebut “Sacrificial Anode” atau anoda tumbal.

Anoda galvanik pada umumnya memberikan arus searah melalu penggunaan berbeda. Seperti baterai, logam anodik secara alami berkarat relative terhadap logam yang lebih mulia.

Pada beton bertulang seperti tiang pancang dermaga, anoda galvanik memberikan perlindungan pengorbanan ke beton dan tidak memerlukan tenaga eksternal.

Sistem galvanik digunakan untuk memberikan perlindungan perawatan yang dapat disesuaikan secara ekonomi untuk melindungi bagian struktur yang besar hingga yang kecil. Anoda yang digunakan dalam sistem proteksi galvanic dapat diaplikasikan dipermukaan atau ditanam dalam struktur atau lapisan baru.

 

  1. Impressed Current Cathodic Protection (ICCP)

Dalam metode perlingungan katodik ini, perbedaan potensial dibuat secara artifisial dengan menerapkan tegangan positif eksternal ke anoda dengan jalur arus balik negatif melalui kabel penghubung.

Proteksi ICCP ini menggunakan sistem arus DC yang akan menjadi penyearah arus elektrokimia. Bahan anoda yang digunakan biasanya anoda inert yang mampu bertahan selama 20 tahun.

Biasanya arus ini diberikan ke anoda yang berupa besi tahan karat dan besi tua yang terkubur dalam tanah.

Beton adalah material berpori yang sangat heterogen yang terdiri dari agregat kasar dan halus yang terikat dengan semen terhidrasi. Resistivitas beton, yang bisa mencapai 20.000 Ωcm sangat tinggi bila dibandingkan dengan media lain (misalnya: air laut memiliki resistivitas 30Ωcm).

Katodik ICCP banyak digunakan dalam beton, termasuk tiang dermaga beton karena dapat memberikan tegangan yang relatif tinggi dibandingkan dengan proteksi galvanik menggunakan anoda yang terpasang di permukaan.

Sedangkan untuk aplikasi ICCP, logam dan anoda yang dilindungi keduanya perlu di kontak melalui media elektrolitik untuk memungkinkan jalur dan distribusi arus / muatan. Meskipun beton memiliki daya tahan tinggi, ia mampu melewati muatan melalui karena adanya larutan pori yang bertindak sebagai elektrolit.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!