PENTINGNYA SISTEM CONVEYOR PABRIK PRODUKSI

PENTINGNYA SISTEM CONVEYOR PABRIK PRODUKSI

RSM – Jika Anda menjalankan usaha sebagai produsen barang, tentu sistem conveyor pabrik produksi menjadi hal yang penting untuk mempercepat kegiatan produksi dan meminimalisir kerugian.

 

FABRIKASI SISTEM CONVEYOR PABRIK

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

 

JASA FABRIKASI CONVEYOR SYSTEM

Jasa fabrikasi sistem conveyor terlengkap untuk berbagai kebutuhan Anda ;

  1. Kontraktor Engineering, Procurement and Construction (EPC)
  2. Fabrikasi Item Conveyor

 

JUAL CONVEYOR SPAREPARTS

  1. Rubber Conveyor Belt
  2. PU & PVC Conveyor Belt
  3. Rubber Lagging, Skirt Rubber
  4. Adhesive Material & Splicing Tool
  5. Power Transmission (V Belt, Timing Belt, V Pulley)
  6. Heavy Duty Roller
  7. Drum Pulley
  8. Belt Cleaner

 

SPESIALIS ANTI KOROSI

  1. Petrolatum Tape
  2. Composite Wrapping for Jetty Piles
  3. Cathodic Protection
  4. Coating, Lining & Protection

 

JASA PERBAIKAN BETON

  1. Floor Coating, Roof Coating
  2. Concrete Repair
  3. Grouting

 

ONLINE LEAK SEALING

  1. Stop Leak & Metal Repair
  2. Water Shield

 

SISTEM CONVEYOR PABRIK

Permintaan akan sistem conveyor pabrik semakin menanjak seiring dengan kebutuhan industri 4.0 yang semakin masif. Indonesia digadang-gadang sebagai salah satu negara produsen dengan kuota komoditas yang tidak main-main. Karena itu, kebutuhan akan adanya sistem conveyor pabrik yang mumpuni di semua industri baik itu skala kecil maupun besar sangat ditekankan.

Disayangkan, salah satu kesalahan yang kerap terjadi pada awam adalah menentukan sistem conveyor yang salah untuk jenis industri mereka. Atau bila tidak demikian, kurang teliti dan menggunakan jasa supplier fabrikasi sistem conveyor yang kurang betul.

Kesalahan ini bisa dihindari dengan sedikit edukasi mengenai serba-serbi apa itu sistem conveyor pabrik sebenarnya dan cara terbaik untuk menggunakannya bagi usaha Anda. Jadi, luangkan waktu untuk membaca paparan pendek RMS kali ini.

 

Sistem Conveyor Pabrik, Apa Itu?

Sistem conveyor atau yang juga akrab disebut sistem kampeyor memiliki fungsi sebagai bagian dari peralatan mekanis yang mengangkut material dari satu tempat ke tempat lain. Sistem ini berguna ketika ada barang yang perlu diangkut dan dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Keberadaannya membuat proses lebih mudah, lebih cepat dan lebih nyaman.

Di zaman dulu, proses pengangkutan ini mesti menggunakan tenaga manual manusia yang jelas tidak efisien dan kurang bisa diprediksi satuan kecepatannya. Di samping itu, tarifnya juga lumayan memberatkan. Adanya kemudahan berupa sistem conveyor pabrik yang terintegrasi bisa membantu menggenjot produktivitas pabrik hingga 250%.

 

Keuntungan Memakai Sistem Conveyor

Sistem coveyor pabrik ini dirancang untuk menahan beban kerja yang berat dan kondisi suhu ekstrim. Karenanya, keberadaannya sangat vital bagi perusahaan berkomoditas apa pun. Peletakannya pun dapat menyesuaikan sudut tertentu untuk membantu pemindahan material (bisa dikustomisasi dengan jasa fabrikasi sistem conveyor sesuai pesanan).

Salah satu yang penting ialah mampu menghemat pemakaian tenaga kerja. Karena jika bukan karena konveyor, bahan-bahan Industri harus dipindahkan secara manual. Cara ini tentunya akan butuh waktu lebih lama serta perekrutan tenaga kerja yang besar. Sebagai solusi, konveyor komersial telah digunakan di berbagai industri seperti makanan, farmasi, manufaktur, dan transportasi.

Beberapa keuntungan lain dari menggunakan sistem conveyor pabrik produksi adalah:

 

#1. Bisa bekerja secara kontinyu: Konveyor menawarkan peluang kerja tanpa batas yang artinya memperpendek downtime. Tuntutan produksi yang terus-menerus mengharuskan sebuah pabrik untuk mengeluarkan banyak rilisan dalam satu waktu. Sepanjang memiliki daya yang cukup, mesin konveyor sistem bisa bekerja tanpa batas.

 

#2. Kecepatan bisa Dikustomisasi: Beda tipe barang berbeda pula kecepatan transfer yang dibutuhkan. Selain itu, ada kalanya belt conveyor perlu dilambatkan untuk menjalani proses sorting manual. Konveyor memungkinkan kontrol yang mudah. Khususnya ialah dalam mengatur kecepatan perpindahan material.

 

#3. Konveyor dapat bergerak ke dua arah : Fitur ini ni sangat berguna ketika bahan perlu dipindahkan di antara ujung ke ujung yang berlawanan. Tak seperti menggunakan tenaga manual, untuk mengembalikan konveyor ke arah lain hanya tinggal menarik tuas atau tombol sesuai dengan fabrikasi conveyor system yang digunakan.

 

#4. Bisa diatur kemiringannya: Butuh menyalurkan barang secara zigzag atau vertikal? Bisa. Bukan hanya mengirim dan menyalurkan barang secara horizontal. Konveyor dirancang dengan kemiringan tertentu dan memungkinkan material, baik besar maupun kecil dapat dipindahkan dari ketinggian tertentu dengan mudah.

 

Jenis Konveyor Pabrik

Sistem conveyor pabrik yang saat ini ada di industri tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Variabel-variabel ini berubah tergantung pada jenis industri di mana sistem tersebut digunakan. Beberapa tipe umum konveyor dalam industri saat ini meliputi :

 

  1. Chain Belt Conveyors

Bentuknya berupa ‘sabuk’ yang dihubungkan rantai-rantai baja berkekuatan tinggi dan dijamin anti anjlok. Untuk penampangnya bisa berbahan stainless, kulit, bahkan berpelapis rubber. Sistem ini dirancang untuk membawa produk dengan volume yang tinggi. Dalam banyak kasus, konveyor ini dipakai untuk mengangkut bahan limbah.

 

  1. Steel Belt Conveyors

Serupa tapi yak sama, steel belt conveyor yang juga berbahan baja ini tidak dihubungkan rantai tetapi tuas-tuas rolller. Bisa mengangkat barang berat dengan kemiringan yang fleksibel. Conveyor ini dapat membawa berat yang sangat besar setiap jamnya. Dengan tonase ini, maka sistem tersebut digunakan dalam aplikasi pengumpan seperti compactor dan saluran limbah campuran.

 

  1. Slider Bed Conveyors

Juga dikategorikan sebagai salah satu tipe sistem conveyor pabrik karena muatannya yang besar. Konveyor ini memiliki kapasitas mulai dari 1 ton hingga 15 ton. Kecepatannya bervariasi yang memungkinkan untuk operasi yang lambat hingga cepat.

 

  1. Roller

Konveyor tipe ini menggunakan deretan silinder besi di bawah permukaannya. Tidak membutuhkan mesin untuk pergerakannya. Tipe ini digunakan untuk memuat barang atau mengangkut komponen selama proses perakitan.

 

  1. Magnetik

Menggunakan lempeng magnet di bawah permukaan meja, bilah stasioner, atau bidang datar apa pun yang sifatnya non-magnetik untuk memisahkan komponen yang bereaksi dengan magnet di atasnya (besi, dst). Biasa digunakan sebagai selector chip untuk memisahkan komponen magnetiknya.

Seperti disebutkan di atas, konveyor adalah alat mekanis yang sangat penting dalam berbagai industri. Salah satu keuntungannya ialah bisa menghemat pemakaian tenaga manusia. Namun selain keuntungan tersebut sistem ini memberikan lebih banyak manfaat, seperti :

Masih banyak lagi tipe sistem conveyor pabrik produksi yang bisa Anda pilih. Lebih jelasnya bila membutuhkan, segera hubungi PT. Ranadityo Sukses Makmur untuk memenuhi kebutuhan industri Anda. Semoga sukses bersama kami!

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!