PRINSIP DASAR SISTEM PROTEKSI KATODIK ICCP (ARUS PAKSA)

PRINSIP DASAR SISTEM PROTEKSI KATODIK ICCP (ARUS PAKSA)

RSM Cathodic Protection – Proses korosi tentu akan dialamai oleh semua benda maupun struktur bangunan, mulai dari yang berbahan logam/besi maupun beton. Oleh karena itu, mari mengenal prinsip dasar sistem proteksi katodik iccp (arus paksa).

 

PENCEGAHAN KOROSI

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA CAT ANTI KOROSI
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

PENGENDALIAN KOROSI

Selain perlindungan korosi dengan jasa katodik ICCP, RSM juga memberikan Perlindungan Korosi dengan berbagai layanan lainnya, yaitu :

  • Proteksi Anodik
  • Proteksi Katodik
  • Zinc Anode
  • Magnesium Anode
  • Aluminium Anode
  • TAM Composite Wrapping
  • HDPE Jacketing
  • Cat Anti Karat / Protective Coating
  • TAM Petrolatum Tape
  • FRP Lining Protection

 

SISTEM PROTEKSI KATODIK ICCP

Pada prinsipnya, sistem proteksi katodik ICCP (arus paksa) sama dengan sacrificial anode cathodic protection (sacp) atau yang biasa juga disebut dengan anoda tumbal. Perbedaaanya, kebutuhan arus elektronnya disuplai dari luar sistem yaitu dari anoda yang dihubungkan ke sumber arus DC.

Sumber arus DC dapat dihasilkan dari berbagai sumber seperti baterai, solar sel, dan generator. Namun secara keseluruhan, esensinya adalah dengan membanjiri struktur logam yang akan dilindungi dengan sumber electron dari luar sistem sehingga membuat struktur logam tersebut menjadi bersifat katodik dan membuat struktur logam imun terhadap korosi.

Komponen dasar yang membentuk sistem proteksi katodik arus paksa terdiri dari katoda yaitu logam yang akan dilindungi, sumber arus DC (Rectifier), anoda inert (Ground Bed atau Anode Bed), dan kawat penghubung (Metallic Circuit) antara anoda dan katoda.

Pada sistem ini, anoda dipasang di dalam tanah tempat logam yang akan diproteksi berada dan dihubungkan ke terminal positif dari output rectifier. Sedangkan logam yang akan dilindungi dihubungkan ke terminal negatif dari output rectifier.

Aliran arus akan mengalir dari anoda melalui elektrolit di dalam tanah dan sampai ke logam. Sistem proteksi katodik arus paksa dapat memiliki banyak konfigurasi anoda yang tergantung pada elektrolit dan logam yang akan dilindunginya.

 

KEUNGGULAN ICCP

Dengan menggunakan sistem proteksi katodik ICCP, ada beberapa keuntungan, yaitu :

  1. Besarnya tegangan dan arus dapat di desain untuk range yang lebih luas dan sesuai kebutuhan.
  2. Area yang luas dapat di proteksi dengan hanya satu buah instalasi sistem proteksi katodik arus paksa.
  3. Keluaran tegangan dan arus yang bervariasi dan dapat diatur.
  4. Dapat diaplikasikan untuk lingkungan dengan tingkat resistivitas yang tinggi.
  5. Efektif untuk melindungi struktur yang dilapisi maupun yang tidak.

Perlindungan korosi dengan metode arus paksa (ICCP) ini secara efektif dapat mencegah terjadinya proses korosi. Selama proses perlindungan, logam secara terus menerus menerima suplai arus negatif untuk mempertahankan potensialnya dibawah potensial korosi bebasnya.

Bisa dikatakan bahwa sistem perlindungan ini adalah metode proteksi korosi yang paling unggul dibandingkan dengan sistem proteksilainnya, terutama dari segi nilai ekonomis dan kemudahan instalasinya.

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!