Tips Perawatan Conveyor System yang Benar Agar Awet

Tips Perawatan Conveyor System yang Benar Agar Awet

Bagai rangkaian yang kokoh, sistem conveyor seperti bisa berjalan tanpa henti secara autopilot. Tapi di balik itu, sebetulnya conveyor system adalah susunan dari beragam komponen yang rumit. Adanya satu kerusakan atau ketidaksempurnaan di satu komponen bisa berakibat fatal bagi yang lainnya. Maka, butuh seperangkat rangkaian perawatan conveyor system yang perlu dilakukan secara berkala.

Ini penting sebagai upaya untuk melakukan tindakan preventif (pencegahan). Karena jika rutin dilakukan, adanya kesalahan di rangkaian conveyor system dapat ditanggulangi atau diganti sebelum harus membongkar keseluruhan rangkaian conveyor. Maka, bisa dibilang perawatan conveyor system cukup menghemat biaya.

 

SUPPLIER CONVEYOR BELT MURAH

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

  1. JASA PEMBUATAN CONVEYOR
  2. JUAL CONVEYOR SPAREPARTS
  3. TAM PETROLATUM TAPE
  4. COMPOSITE WRAPING
  5. JASA PROTEKSI KATODIK
  6. JASA FRP LINING
  7. JASA INJEKSI BETON
  8. JASA GROUTING BETON
  9. JASA COATING
  10. JASA ONLINE LEAK SEALING
  11. JASA WATERPROOFING

Hubungi Tim Sales kami : (021) 7823856 / 0855-808-5555

 

Beberapa masalah minor yang bisa ditengarai saat melakukan perawatan conveyor system misalnya adalah:

  1. Belt yang tidak berjalan lurus — idealnya, bagian belt penghantar muatan bisa berjalan lurus dari hulu ke hilir mesin dan mengantar muatan dengan lancar
  2. Gulungan yang tersumbat — bagian gulungan (pulley) tidak bisa mengalirkan air saat dibutuhkan
  3. Bantalan yang tidak merata — bantalan conveyor belt wajib memiliki tinggi horizontal yang masuk akal agar dapat menyalurkan muatan tanpa menjatuhkannya selagi mesin berjalan
  4. Komponen yang kotor atau rusak — adanya tumpukan karat, kotoran, debu, atau sumbatan yang patut diwaspadai
  5. Belt yang sering tergelincir. — barang sering jatuh atau terlempar dari rangkaian saat sedang diantarkan di belt adalah penanda umum

 Jika Anda mendapati rangkaian conveyor system Anda menunjukkan tanda-tanda di atas, tandanya butuh pengecekan serius. Dan itu bisa terjadi karena adanya kelalaian dalam perawatan conveyor system. Selain adanya faktor usia pakai tentu saja.

Agar tetap awet, ini dia tips perawatan conveyor system yang gampang dan praktis.

 

Perawatan Conveyor System

 

  1. Pastikan Tidak Ada Kotoran Menumpuk

 

Saking bahayanya, tumpukan debu atau kotoran sering dijuluki sebagai silent culprit bagi kerusakan rangkaian mesin manapun. Setiap beberapa waktu, matikan mesin dan periksa setiap sudut dari atas, bawah sisi samping, bahkan kaki rangkaian conveyor system untuk memastikan tidak ada kotoran menumpuk.

Pasalnya, kotoran yang menumpuk bisa mengakibatkan penyumbatan atau bahkan membuat komponen antar belt jadi tidak merata. Akibatnya, body rangkaianconveyor system jadi tidak seimbang. Sehingga menghambat jalannya proses transportasi muatan dalam jangka panjang.

 

  1. Menjadwalkan Pembersihan Tiap Habis Dipakai

 

Selain proses pencarian tumpukan kotoran di atas, tidak ada salahnya memberlakukan pembersihan setiap mesin habis dipakai. Ini terutama menjadi wajib apabila rangkaian conveyor system Anda menangani produk yang rentan seperti makanan atau obat-obatan.

Luangkan waktu pasca operasi mesin untuk membersihkan bekas-bekas di seluruh badan mesin conveyor. Dengan begini, Anda bisa mendeteksi adanya perubahan yang kemungkinan merugikan dari waktu ke waktu.

 

  1. Pastikan Frame/Body Conveyor System Tetap Ajeg

 

Dengan bantuan belt scale, cek untuk memastikan frame atau body conveyor system Anda tetap ajeg. System conveyor sepenuhnya bergantung pada keseimbangan agar kinerjanya dapat berlangsung lancar. Jika ada komponen yang terpasang tidak pada tempatnya, tinggal menunggu waktu saja sampai muatan Anda berlompatan ke sana-ke mari saat mesin dinyalakan.

 

  1. Perhatikan Pulley

 

Pulley alias drum “ban” yang menyokong gerakan belt ini harus terpasang sejajar dengan frame conveyor. Jadi, pengecekannya bisa dilaksanakan bersamaan dengan proses di atas. Pulley memegang peranan yang sangat vital sehingga Anda harus memastikannya dalam kondisi aktif selalu. Karena jika tidak, system conveyor rentan macet atau cepat aus sebelum waktunya.

 

  1. Pastikan Tingkat Kelurusan Belt

 

Mengasumsikan Anda menggunakan jasa pemasangan conveyor system yang terpercaya, seharusnya semua belt dipasang dalam kondisi lurus. Tapi untuk berjaga-jaga, lakukan trik ini: lepaskan belt dari frame conveyor lalu hamparkan rata di lantai. Jika Anda menengarai ada bagian yang bengkok atau melengkung, sudah pasti belt ini cacat dan perlu diganti.

Mengapa ini perlu dipastikan juga adalah karena kecacatan ini bisa menghambat performa saat pengantaran muatan. Juga, mengganggu keseimbangan body conveyor system sehingga dapat mengakibatkan kerusakan dalam jangka panjang.

 

  1. Jaga Kebersihan dan Kekokohan Idler

 

Idler alias kerangka yang menyokong bagian sisi-sisi belt ini kerap dianggap remeh. Padahal, fungsinya sangat vital untuk menjaga agar muatan tidak goyang di tempat serta tidak terjadi mistracking. Bahaya yang kerap menimpa idler adalah adanya pengaratan atau penumpukan kotoran. Selain itu, sekrup dan baut yang menghubungkan besi-besi idler juga harus dipastikan tetap terpasang kokoh.

 

  1. Segera Ganti Bagian yang Aus

 

Setelah Anda memberikan pemeriksaan menyeluruh pada body rangkaian conveyor system, kerap kali Anda langsung menemukan komponen mana yang sudah aus, patah, bahkan rusak. Ini bisa karena tumpukan kotoran, penyumbatan, kesalahan selama penggunaan, dan juga faktor alamiah seperti usia.

Saran kami, segeralah ganti komponen yang sudah aus ini sebelum menimbulkan masalah yang lebih besar. Jangan ngotot mempertahankannya untuk alasan hemat atau sentimentil. Jika Anda menghubungi agen penyedia jasa pemasangan system conveyor yang mumpuni, mereka bisa menemukan komponen dengan merk dan tipe yang sejenis tanpa Anda perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Perawatan conveyor system memang makan waktu dan tenaga karena Anda jadi harus meluangkan energi ekstra. Tapi efeknya, dalam jangka panjang Anda tidak perlu boros-boros mengeluarkan biaya perbaikan atau bahkan pemasangan dari awal karena mesin rusak total. Jadi, jangan ragu untuk mulai menjadwalkan perawatan conveyor system Anda sekarang juga.

Tak lupa, jalin kerja sama dengan pihak penyedia conveyor system dengan kredensial yang memuaskan, Selamat mencoba.

 


 

Industrial Products & Services

PT Ranadityo Sukses Makmur RSM) adalah perusahaan Indonesia yang menjadi Agen Resmi dan Partner Exclusive dari berbagai brand terkenal yang menyediakan industrial products dan industrial services, seperti :

 

JASA PEMBUATAN CONVEYOR SYSTEM

Jasa fabrikasi sistem conveyor terlengkap untuk berbagai kebutuhan Anda ;

Kontraktor Engineering, Procurement and Construction (EPC)

  • Crusher Conveyor System
  • Mobile Crusher System
  • Barge Loading Conveyor System
  • Loading & Unloading Conveyor Conveyor System
  • Transfer Conveyor System
  • Weight Bridge System (Jembatan Timbang)
  • Cold/Hot Splicing Conveyor Belt (Jasa Penyambungan Conveyor Belt dengan Metode Dingin/Panas)
  • Drum Pulley Rubber Lagging Application (Jasa Pemasangan Rubber Lagging pada Drum Pulley)
  • Lainnya

 

Fabrikasi Item Conveyor

  • Hopper
  • Chain Feeder
  • Feeder Breaker
  • Vibrating Screen
  • Crusher & Teeth Crusher
  • Frame Conveyor
  • Lainnya

 

 

JUAL CONVEYOR SPAREPARTS

  1. Rubber Conveyor Belt
  2. PU & PVC Conveyor Belt
  3. Rubber Lagging, Skirt Rubber
  4. Adhesive Material (Lem untuk Penyambungan Conveyor Belt), Splicing Tool (Alat Penyambungan Conveyor Belt)
  5. Power Transmission (V Belt, Timing Belt, V Pulley)
  6. Heavy Duty Roller
  7. Drum Pulley
  8. Belt Cleaner

 

SPESIALIS ANTI KOROSI

  1. Petrolatum Tape
  2. Composite Wrapping for Jetty Piles
  3. Cathodic Protection
  4. Coating, Lining & Protection

 

JASA PERBAIKAN BETON DAN LANTAI

  1. Floor Coating, Roof Coating
  2. Concrete Repair
  3. Grouting

 

SOLUSI KEBOCORAN LOGAM DAN ATAP

  1. Stop Leak & Metal Repair
  2. Water Shield

 

Konsultasi ?

Call Us : (021) 7823856
0855-808-5555

Related Posts

Follow Us

About the Author

admin

Related Posts

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!